Faktor Keamanan Stabilitas Lereng pada Kondisi Eksisting dan Setelah Diperkuat Dinding Penahan Tanah Tipe Counterfort dengan Program Plaxis

Rizki Ramadhan, Munirwansyah Munirwansyah, Munira Sungkar

Abstract


The Aceh Tengah / Gayo Lues-Blangkejeren road segment (N.022) Km 438 + 775 is one of the Central Cross National Roads in the Province of Aceh, which often experiences landslides due to being in hilly areas. Landslides that occur in these locations are caused by scouring of road runoff, lack of optimal drainage and the absence of outlets for drainage and soil layers under asphalt pavement consisting of loose material. Therefore, a slope reinforcement study with Counterfort type retaining wall is needed. This study aims to analyze slope stability by obtaining safety factor numbers and identifying slope failure patterns. Analysis was carried out to obtain safety factors and slope failure patterns by using 2D Plaxis and slice methods. The calculation of safety factors for Counterfort type retaining walls is done manually. The input soil parameters used are dry volume weight (gd), wet volume weight (gw), permeability (k), modulus young (Eref), paisson's ratio (υ), shear angle (f), cohesion (c) . The results of slope stability analysis on the existing conditions using the Plaxis program and the slice method with radius (r) 65.06 meters found that safety factors were 1.038 and 1.079 with unsafe slope conditions (FK <1.25). The results of the analysis after reinforced counterfort and minipile type retaining wall with a length of 12 meters found 1,268 safety factor numbers with unsafe slope conditions (FK <1,5). Thus, additional reinforcement is needed by using anchor on the counterfort. The results of slope stability analysis after reinforced counterfort, minipile and anchor type retaining walls with a length of 20 meters and a slope of 30 ° were obtained with a safety factor number of 1.513 with safe slope conditions (SF> 1.5).


ABSTRAK

Ruas jalan batas Aceh Tengah/Gayo Lues-Blangkejeren (N.022) Km 438+775 merupakan salah satu ruas jalan Nasional Lintas Tengah Provinsi Aceh, yang sering mengalami terjadi tanah longsor karena berada di daerah perbukitan. Longsoran yang terjadi pada lokasi tersebut disebabkan oleh gerusan air limpasan permukaan jalan, kurang optimalnya drainase dan tidak adanya outlet untuk pembuangan air serta lapisan tanah di bawah perkerasan aspal terdiri dari material lepas. Oleh karena itu, diperlukan kajian perkuatan lereng dengan dinding penahan tanah tipe Counterfort. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas lereng dengan mendapatkan angka faktor keamanan dan mengidentifikasi pola keruntuhan lereng. Analisis dilakukan untuk mendapatkan faktor keamanan dan pola keruntuhan lereng yaitu dengan menggunakan program Plaxis 2D dan metode irisan. Perhitungan faktor keamanan untuk dinding penahan tanah tipe Counterfort dilakukan secara manual. Adapun parameter  tanah input yang digunakan adalah berat volume kering (gd), berat volume basah (gw), permeabilitas (k), modulus young (Eref), paisson’s rasio (υ), sudut geser (f), kohesi (c). Hasil analisis stabilitas lereng pada kondisi eksisting menggunakan program Plaxis dan metode irisan dengan jari-jari (r) 65,06 meter didapatkan akan faktor keamanan sebesar 1,038 dan 1,079 dengan kondisi lereng tidak aman (FK < 1,25). Hasil analisis setelah diperkuat dinding penahan tanah tipe counterfort dan minipile dengan panjang 12 meter didapatkan angka faktor keamanan 1,268 dengan kondisi lereng tidak aman (FK < 1,5). Dengan demikian, maka diperlukan perkuatan tambahan dengan menggunakan angkur pada counterfort. Hasil analisis stabilitas lereng setelah diperkuat dinding penahan tanah tipe counterfort, minipile dan angkur dengan panjang 20 meter serta sudut kemiringan 30° didapatkan angka faktor keamanan 1,513 dengan kondisi lereng aman (SF > 1,5).

Kata kunci : longsoran; counterfort; plaxis 2D; faktor keamanan.


Keywords


landslide, counterfort, plaxis 2D, safety factor

Full Text:

PDF

References


Yulvi, Z., Pengaruh Beban Dinamis dan Kadar Air Tanah Terhadap Stabilitas Lereng pada Tanah Lempung Berpasir, Jurnal Rekayasa Sipil Vol 5.

Hardiyatmo, H. C, 1994. Mekanika Tanah 1, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Bowles, J. E, 1993. Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah, terjemahan J.K. Hainim, Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Duncan, J.M., 2005. Soil Strength and Slope Stability, John Willey & Son INC. New York.

Abramson, L. W. et al, Slope Stability and Stabilization Methods, Wiley and Sons Inc, New York, 1996.

Bowles, J. E, 1993. Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah, terjemahan J.K. Hainim, Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hasyim, A, Slope Stability Analysis in Saturated Slope, Faculty of Civil Engineering Universiti Teknologi Malaysia, inside.mines.edu, Malaysia, 2007.

Rinanditya, F, R, Analisis Stabilitas Lereng Dengan Dinding Penahan Tanah Kantilever Menggunakan Program Plaxis (Studi Kasus Jalan Piyungan-Batas Gunung Kidul, Yogyakarta. Jurnal. Tidak di Terbitkan. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Abiyyu, M. F, Perencanaan Perkuatan Lereng Menggunakan Dinding Penahan Tanah Tipe Kantilever Di Tol Jakarta Outer Ring Road II, Dapartemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Pertanian Bogor, 2018.

Das, B. M, 1993. Mekanika Tanah Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/rekabuana.v5i1.1485

Article metrics

Abstract views : 23 | views : 7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rizki Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats