Tantangan Pemberdayaan Perekonomian Kecil Melalui Usaha Kelompok Ibu Rumah Tangga (IRT)

Yuswa Istikomayanti, Hanif Fikri Bariska, Rizki Aprilia Dwi Susanti

Abstract

ABSTRAK

Kegiatan Ibu Rumah Tangga (IRT) setelah selesai mengurus keperluan rumah tangganya, ibu-ibu tersebut tidak melakukan kegiatan lainnya. Dengan demikian pemasukan ekonomi hanya berasal dari suami. Upaya pemberdayaan perekonomian kecil yaitu usaha rumah tangga oleh Ibu-Ibu di Kelurahan Bunulrejo melalui kegiatan usaha jajanan kering sangat memberikan kesempatan untuk menambah pemasukan keluarga. Hasil dari program kemitraan ini sudah memberikan peningkatan keterampilan untuk memproduksi jajanan yaitu kacang bawang, sale pisang molen, dan stik keju. Tantangan yang dihadapi dalam pemberdayaan ini yaitu upaya meningkatkan kepercayaan diri dan jiwa wirausaha, upaya memperluas jaringan pasar dan modal, upaya menjaga kualitas produk dan daya saing di pasar. Upaya yang ditempuh yaitu dengan menyusun modul pembukuan sederhana, modul pemasaran, pendampingan standar kualitas produk dan pendampingan pemasaran secara online dan offline.

Kata-kata kunci : daya saing, ekonomi kecil, Ibu Rumah Tangga (IRT), pemasaran.

ABSTRACT

Housewarming activities (IRT) after completing the care of household needs, the mothers are not doing other activities. Thus the income of the economy comes only from the husband. Efforts to empower the small economy of households by mothers in Bunulrejo Subdistrict through dry snack business activities provide opportunities to increase family income. The results of this partnership program have given skill enhancements to produce snacks such as peanuts, banana molen sale, and cheese sticks. The challenges faced in this empowerment are efforts to increase self-confidence and entrepreneurial spirit, efforts to expand market and capital network, efforts to maintain product quality and market competitiveness. Efforts are taken by preparing a simple accounting module, marketing module, product quality standard and marketing assistance online and offline.

Key words : competitiveness, small economy, Housewife (IRT), marketing

Full Text:

PDF

References

] Pemerintah Kota Malang. 2016. Laporan Kinerja Pemerintah Kota Malang.

Rachmawati, E. dan Amir., “IbM Bagi Kelompok PKK di Desa Karangsoka”, Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM UMP 2014. Purwokerto, Desember 2014.

Khadijah, U. L. S., Diah S. R., Sukesih, dan Rully K., “Literasi Informasi Motivasi Berwirausaha Ibu Rumah Tangga Kelurahan Nagasari Kabupaten Karawang Barat” Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. 4. 2. (2016): 149-160.

Fitriyah, H. Lilik I., dan Mudji A. Prosiding Seminar Nasional “Menuju Masyarakat Madani dan Lestari”, Sidoarjo, 2013.

Octavia, A., Erida, Sumarni, dan Iskandar S., “Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Bagi Ibu Rumah Tangga, Remaja Putri dan Kelompok Usaha Bersama Mutiara Kota Jambi” Jurnal Pengbdian pada Masyarakat. 31. 3 (2016): 36-45.

Nurita, R. F., “Upaya Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Desa Kalirejo Lawang dengan Tujuan Memotivasi Kewirausahaan Mandiri’ Jurnal ABDIMAS Unmer Malang. 1. 2 (2016): 47-53.

Rahadjeng, E. R., Sri W. L., dan Sri N. A., “IbM Usaha Jahitan dan Pengelolaan Kain Perca” Jurnal Dedikasi. 12. 2 (2015): 26-31

Hersoelistyorini, W., Yunita N., dan Diana H., “IbM Kelompok Ibu Rumah Tangga di Kampung Kokosan dalam Produksi Abon Ikan Bandeng” ABDIMAS. 19. 1 (2015): 49-56

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.