WORKSHOP GURU MATEMATIKA MENGGUNAKAN WORD PROCESSOR FORMULA DAN PENGELOLAAN KELAS

Selamet Riyadi, Tri Candra Wulandari

Abstract


SMP Sunan Kalijogo merupakan salah satu sekolah mengenag pertama di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang yang berbaisis pondok pesantren. Mayoritas siswa di sekolah tersebut bersumber dari pondok pesantren Sunan Kalijogo meskipun ada juga siswa yang tidak mondok tepi hanya sebagian kecil saja. Dengan realitas sepeti itu dan ditambah dengan padatnya kegiatan di pondok pesantren menyebabkan siswa kurang antusias untuk belajar di sekolah. Sehingga tidak jarang guru mengeluh kurang bisa mengendalikan kelas yang sedang diajarnya. Karena banyak siswa yang mengantuk ketika pelajaran di kelas dan ada juga siswa yang bercanda dengan teman di dekatnya ketika guru menjelaskan. Untuk mengatasi hal tersebut dan untuk menambah kondusifitas pembelajaran maka tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Kanjuruhan Malang mengadakan pelatihan menggunakan Word Prosesor Formula dan beberapa pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah tersebut dan berbasis kurikulum 2013. Beberapa pendekatan pembelajaran yang disampaikan yaitu Inquiry Based Learning (IBL) dan Problem Based Learning (PBL).
Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menggunakan Word Prosesor Formula serta menambah pengetahuan guru-guru tentang pembelajaran kurikulum 2013 yang sesuai dengan kondisi sekolah tersebut. Dengan harapan pengetahuan tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kondusifitas pembelajaran di SMP Sunan Kalijogo. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh yaitu guru-guru mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam pengelolaan kelas sehingga pembelajaran menjadi kondusif.

Full Text:

PDF

References


Anonim (1992), Kamus Besar BahasaIndonesia. Bandung: Balai Pustaka.

Dasna, I Wayan dan Sutrisno. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurusan KIMIA F-MIPA Universitas Negeri Malang.

Permana, Johar, “Pengelolaan Kelas dalam Rangka Proses Belajar Mengajar” disajikan pada TOT Nasional Pelatihan Supervisi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawaiyah Basic Education Project (BEP), 2001.

Pratiwi, Dwi Astuti. “Pembelajaran Berbasisi Masalah (Problrm Based Learning ) dengan Metode Proyek dan Resitasi Ditinjau dari Kreativitas dan Konsep Diri (Self Consep) Siswa” Thesis, Universitas Sebelas Maret, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/jast.v1i2.834

Article metrics

Abstract views : 56 | views : 49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi



JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi

ISSN  2548-7981 (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats