Administrasi Publikasi Online MGMP SMK Malang

Yusriel Ardian, Kawakibul Qamar

Abstract

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah konsekuensi dari guru sebagai profesi. Guru sebagai profesi mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam menciptakan insan Indonesia cerdas dan komptetitif. Masih terlihat adanya kelemahan dari guru untuk melakukan publikasi ilmiah, yang disebabkan kurangnya keterampilan guru-guru untuk dalam mengelola artikel ilmiah sebagai hasil dari tulisan karya tulis ilmiah. Untuk itu diperlukan usaha untuk meningkatkan keterampilan guru yang dikolaborasikan dengan pengembangan diri dan karya inovatif sebagai bagian PKB dengan indikasi sudah dilaksanakan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi guru di sekolah adalah: (a) Keterampilan guru untuk menjadi operator masih rendah, (b) Kegiatan peningkatan kompetensi di sekolah tidak menyentuh aspek keterampilan komputer sebagai bagian dari administrator publikasi online, (c) Dana kegiatan masih mengacu pada hal administratif sehingga kegiatan sangat sulit dilakukan, (d) Kesulitan dalam mendatangkan pihak kompeten untuk meningkatkan kompetensi administrasi publikasi online karena keterbatasan pengetahuan dan relasi terhadap instruktur. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah (a) kesiapan dalam mempublikasikan artikel karya tulis ilmiah, (b) Handout yang dapat diimbaskan kepada guru lain, (c) Pendampingan selama kurang lebih 3 bulan

Full Text:

PDF

References

Republik Indonesia. 2005. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara

Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2009. Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemenpan

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.