WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PADA MGMP MATEMATIKA SMK MALANG

Kawakibul Qamar, Yusriel Ardian

Abstract

Profesi Guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting dalam membangun insan Indonesia cerdas dan komptetitif. Konsekuensi dari guru profesional adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Masih terlihat adanya kelemahan dari guru untuk melakukan publikasi ilmiah, yang disebabkan kurangnya keterampilan guru-guru untuk menulis karya tulis ilmiah. Untuk itu diperlukan usaha untuk meningkatkan keterampilan guru yang dikolaborasikan dengan pengembangan diri dan karya inovatif sebagai bagian PKB dengan indikasi sudah dilaksanakan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi guru di sekolah adalah: (a) Keterampilan guru dalam menulis karya tulis ilmiah masih rendah, (b) Kegiatan peningkatan kompetensi di sekolah tidak menyentuh aspek keterampilan menulis karta tulis ilmiah dari setiap guru, (c) Dana kegiatan masih mengacu pada hal administratif sehingga kegiatan sangat sulit dilakukan, dan (d) Kesulitan dalam mendatangkan pihak kompeten untuk meningkatkan kompetensi menulis karya tulis sangat tinggi karena ketidaktahuan terhadap instruktur. Target luaran dari pengabdian pada masyarakat workshop penulisan karya tulis ilmiah pada guru SMK Malang adalah (a) Artikel karya tulis ilmiah yang dihasilkan dapat dipublikasikan baik dalam seminar, maupun jurnal, (b) Handout dan strategi pelatihan yang dapat diimbaskan kepada guru lain, (c) Pendampingan selama kurang lebih 2 bulan untuk mendapatkan kualitas artikel karya tulis ilmiah.

Full Text:

PDF

References

Republik Indonesia. 2005. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara

Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 2009. Peraturan Menteri Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Kemenpan

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.