Mendukung Wisata Literasi Budaya melalui Peningkatan Mutu Souvenir

Diyah Sukanti Cahyaningsih, Sri Widayati, Ana Mariani, Ameera Dinanti Rosefamurti, Sagita Divani Aristianti, Pindo Tutuko

Abstract

This activity aims to develop the potential for cultural literacy tourism in Padepokan Panji Asmoro Bangun Kedungmonggo Hamlet, Karangpandan Village, District. Pakisaji, Malang Regency. The service focuses on increasing the ability to equip Padepokan as a tourism destination for mask culture literacy. This activity responds to the problem of lack of resources, one of which is to procure souvenirs in sufficient quantities to meet the demand of tourist groups (large group visits). The solution is to invite partners to discuss so that they can find a SWOT study of this destination. The main priority problem to be resolved is the availability of souvenirs and souvenir packaging. The service team conducted training and provided materials for making mask souvenirs with three variations, namely coloring media masks, refrigerator magnet masks, and masks in the form of brooches. Souvenir packaging is also an important part, mask souvenirs require packaging that maintains their durability and cleanliness, but still shows the face of the mask when displayed. The Service Team prepares packaging designs to meet the criteria, effective, ergonomic, easy to recognize, easy to carry, artistic value, and promotional value. This dedication has provided a solution by completing the needs of tourist destinations in the form of souvenirs with packaging designed complete with mask character stories.

ABSTRAK

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata literasi budaya di Padepokan Panji Asmoro Bangun Dusun Kedungmonggo, Desa Karangpandan, Kec. Pakisaji, Kabupaten Malang. Pengabdian berfokus pada peningkatan kemampuan melengkapi Padepokan sebagai destinasi wisata literasi budaya topeng. Kegiatan ini merespon permasalahan kurangnya sumber daya, salah satunya untuk pengadaan souvenir dalam jumlah yang memadai dalam memenuhi permintaan kelompok wisatawan (kunjungan rombongan dalam jumlah besar). Solusi yang dilakukan dengan menghadirkan mitra untuk berdiskusi sehingga menemukan kajian SWOT dari destinasi ini. Permasalahan yang menjadi prioritas utama untuk diselesaikan adalah ketersediaan souvenir dan pengemasan souvenir. Tim pengabdi melakukan pelatihan dan penyediaan bahan pembuatan souvenir topeng dengan tiga variasi, yaitu topeng media mewarnai, topeng magnet kulkas dan topeng dalam bentuk bros. Kemasan souvenir juga menjadi bagian penting, souvenir topeng memerlukan pengemasan yang menjaga keawetan dan kebersihannya, namun masih nampak wajah topengnya saat dipajang. Tim Pengabdi menyusun desain kemasan untuk memenuhi kriteria, efektif, ergonomis, mudah dikenali, mudah dibawa, bernilai seni, dan bernilai promosi. Pengabdian ini telah memberikan solusi dengan melengkapi kebutuhan destinasi wisata berupa souvenir dengan kemasan yang didesain lengkap dengan cerita karakter topeng.

Keywords

tourist destination; cultural literacy;souvenirs; packaging

Full Text:

PDF

References

R. A. Primasworo, “Perencanaan Dan Perancangan Kampung Wisata Watu Gong Kelurahan Tlogomas Rw 03 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 17–29, 2017, doi: 10.33366/jast.v1i1.718.

N. W. Tyas and M. Damayanti, “Potensi Pengembangan Desa Kliwonan sebagai Desa Wisata Batik di Kabupaten Sragen (Development Potentials of Kliwonan Village as a batik tourism village in Sragen Regency),” J. Reg. Rural Dev. Plan., vol. 2, no. 1, pp. 74–89, 2018.

T. Suhartono, D. S. Cahyaningsih, and S. Widayati, “Peran Wanita Dalam Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Homestay Berbasis Rumah Tinggal Di Desa Wisata Kampoeng Boenga Grangsil,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 447–455, 2021, doi: 10.24912/jbmi.v3i2.9514.

H. Wilkins, “Souvenirs: What and Why We Buy,” J. Travel Res., vol. 50, no. 3, pp. 239–247, 2011, doi: 10.1177/0047287510362782.

J. Chang, G. Wall, and J. C. (Richard) Hung, “Tourists’ Perceptions of Aboriginal Heritage Souvenirs,” Asia Pacific J. Tour. Res., vol. 17, no. 6, pp. 684–700, 2012, doi: 10.1080/10941665.2011.640700.

K. S. Suroto, M. Rifa, and A. Dewi, “Penggunaan Mesin Sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Pembuatan Enting Jahe dan Enting Kacang di Kampung Kungkuk Kota Wisata Batu Provinsi Jawa Timur ( Use of Machines as an Effort to Increase Productivity of Making Ginger and Peanut Enting in Kungkuk,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 84–91, 2021.

R. Wikantiyoso, T. P. Wikananda, E. Triyosoputri, D. S. Cahyaningsih, and A. G. Sulaksono, “Rural Tourism Destination Spatial Interventions Face the Risk of COVID-19 Infection,” Int. Rev. Spat. Plan. Sustain. Dev., vol. 10, no. 3, pp. 50–64, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.14246/irspsd. 10.3_50.

D. S. Cahyaningsih, T. Suhartono, and S. Widayati, “Menggali Potensi Ekonomi Kreatif sebagai Sarana Pendukung Desa Wisata,” Abdimas J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 6, no. 2, pp. 210–220, 2021, doi: 10.26905/abdimas.v6i2.5078.

I. D. Jojano, “Perancangan Kemasan Suvenir UKSW Salatiga,” Repos. UKSW, vol. 0, no. 0, p. 0, 2019, [Online]. Available: https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/20178/2/T1_692014701_Full text.pdf.

R. Fadhil et al., “Strategi pengembangan visualisasi desain kemasan kopi arabika gayo untuk meningkatkan preferensi minat konsumen visualization development strategy of gayo arabica coffee packaging design to increase consumer interest preferences,” Teknol. Ind. Pertan., vol. 32, no. 158, pp. 229–238, 2022.

D. S. Cahyaningsih et al., “Sustainable Rural Tourism : Kajian Potensi dan Dampak Desa Sukowilangun menuju Desa Wisata ( Sustainable Rural Tourism : Study of the Potential and Impact of Sukowilangun Village towards a Tourism Village ),” J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 12–26, 2023.

N. W. A. S. Ningsih and I. A. Suryasih, “Dampak Sosial Ekonomi Pariwisata terhadap Pedagang Souvenir di Daya Tarik Wisata Pura Gunung Kawi Tampaksiring Gianyar,” J. Destin. Pariwisata, vol. 6, no. 1, p. 19, 2018, doi: 10.24843/jdepar.2018.v06.i01.p04.

I. P. G. P. Sumardiana and N. L. P. Trisdyani, “Souvenir bagi Wisatawan, Bali,” Widyanatya, vol. 2, pp. 32–38, 2020.

Y. S. Mardhiyyah, S. U. Wijaya, D. Satiti, and N. Lailatus, “The influence of jenang ayas label and packaging on customer purchase decision,” vol. 17, no. 3, pp. 622–631, 2023, doi: 10.21107/agrointek.v17i3.15789.

M. Arifin and . A., “Desa Penghasil Kopi Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Damarwulan Kecamatan Keling Kabupaten Jepara,” J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 3, no. 1, pp. 19–31, 2018, doi: 10.26905/abdimas.v3i1.2247.

M. Rofieq, A. Poerwanto, and H. Budiyanto, “Pelatihan Desain Kemasan Produk Untuk Umkm Kerajinan, Kuliner Dan Posdaya,” J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2018, doi: 10.26905/abdimas.v2i2.1810.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.