Upaya Peningkatan Pemasaran Gula Aren melalui Digital Marketing pada Industri Gula Aren Kelompok Tani Mutiara Kabupaten Lima Puluh Kota

Helentina Situmorang, Andi Eviza, Agustina Agustina, Mukhlis Mukhlis, Elva Rahmi Fitri, Jhon Hardy Purba

Abstract

The Mutiara farmer group's Guseta products are flagship products in the Jorong Talaweh, Nagari Labuah Gunuang, Lareh Sago Halaban Subdistrict, Lima Puluh Kota District. Guseta products include fresh sap, round-shaped palm sugar, block-shaped palm sugar, liquid palm sugar, and ant sugar. However, in the current era of digitization, Guseta products have not yet utilized digital marketing as an effective and efficient marketing channel through online stores as a marketplace. Therefore, the Payakumbuh State Polytechnic assists in creating a digital marketing system, providing guidance on the implementation of digital marketing for Guseta shop, content creation, routine guidance on digital marketing implementation to make the community more familiar with the products and benefits of Guseta palm sugar. Additionally, assistance is provided in creating more attractive packaging label designs. Through the Guseta shop's digital marketing system, it is hoped to enhance the marketing of Mutiara farmer group's palm sugar industry in Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota District.

ABSTRAK

Produk guseta kelompok tani mutiara adalah produk unggulan di Jorong Talaweh Nagari Labuah Gunuang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Produk guseta terdiri dari nira fresh, gula aren cetak bulat, gula aren cetak balok, gula aren cair, dan gula semut. Permasalahan yang dihadapi pelaku usaha khususnya Kelompok Tani Mutiara adalah belum efektif dan efisien dalam pemanfaatan pemasaran secara digital melalui toko online sebagai market place. Oleh karena itu, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh membantu pembuatan sistem digital marketing, pendampingan penerapan digital marketing guseta shop dan pembuatan konten. Selain itu melakukan pendampingan rutin penerapan digital marketing untuk meningkatkan brand awareness guseta kepada masyarakat luas serta pendampingan pembuatan desain label kemasan yang lebih menarik. Melalui kegiatan ini kelompok tani Mutiara sudah memiliki sistem digital marketing berupa toko online dan platform digital marketing yang dapat digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan produk guseta sehingga memperluas cakupan wilayah promosi dan membantu meningkatkan penjualan produk.

Keywords

digital marketing; farmer’s group; guseta product; mutiara

Full Text:

PDF

References

S. K. S. Dewi, M. Antara, and G. M. K. Arisena, “Pemasaran Cengkeh di Desa Penyaringan Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, Indonesia,” Agro Bali Agric. J., vol. 4, no. 2, pp. 246–259, 2021.

L. Lipursari, H. Trisayuni, and N. Almuna, “Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Bisnis Online melalui WA Story,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 4, no. 3, pp. 340–344, 2022.

W. Ana, T. D. F. Sophan, C. Nisa, and D. A. Sanggarwati, “Pengaruh pemasaran media online dan marketplace terhadap tingkat penjualan produk umkm cn collection di sidoarjo,” Media Mahard., vol. 19, no. 3, pp. 517–522, 2021.

D. Chaffey and F. Ellis-Chadwick, Digital marketing. Pearson uk, 2019.

L. Indana, R. Hidayati, and H. Satriyawan, “Pembuatan profil usaha dan pemberdayaan masyarakat melalui media digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat di era pandemi (Company profiles and empowering society through digital media to increase productivity society in the pandemic era),” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 43–53, 2022.

S. D. S. Adi, “Keseimbangan komunikasi dalam penguatan identitas komunitas kreatif telematika Kota Malang,” MEDIAKOM, vol. 1, no. 2, 2018.

E. Elviati, M. Elida, A. Agustina, and M. A. Putri, “Analisis Kelayakan Produk Minuman Probiotik Sari Naga Al-Bro Biofruit Sebagai Usaha Baru Sistem Productleadership Melalui Pemasaran Dengan Mobile Marketing,” 2022.

L. Indana, B. F. Sane, K. N. Efendi, F. Rahmawati, and D. A. Haryono, “Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Upaya Digitalisasi Produk pada UMKM Omah Batik Sukun,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 1, pp. 60–71, 2023.

D. Dyanasari, A. Trianawati, and E. Y. Arvianti, “Upaya Peningkatan Penjualan Bibit Durian Berbasis Digital Marketing Melalui Pemberdayaan di Era Pasca Pandemi Covid-19,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 170–178, 2022.

D. Rahmalia, I. R. M. Sari, E. Kasymir, and S. Tantriadisti, “Keputusan Pembelian Bahan Pangan Online oleh Konsumen Rumah Tangga di Kota Bandar Lampung, Indonesia,” Agro Bali Agric. J., vol. 5, no. 2, pp. 384–391, 2022.

P. Indrihastuti, E. Y. Arvianti, and R. A. Dewi Novitawati, “Teknik Design Labeling Pengembangan Model Kemasan Keripik Salak Pondoh oleh Wanita Tani Srikandi dan Karya Bhakti,” JAST J. Apl. Sains Dan Teknol., vol. 3, no. 2, p. 115, 2019.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.