Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Upaya Digitalisasi Produk pada UMKM Omah Batik Sukun

Luthfi Indana, Bastion Faruq Sane, Kelvin Nur Efendi, Fitri Rahmawati, Dhanang Andryansah Haryono

Abstract

Omah Batik Sukun is one of the MSMEs in batik production. This MSME experienced a decline in sales due to the influence of the Covid-19 pandemic in 2020 and 2021. The pandemic for 2 years has caused orders and of course batik production to decrease. Based on this, the service team provides assistance in the use of information technology to increase sales of batik product. Digital marketing is used to promote and introduce to the wider community about batik product. The method used in this service is the method of consultation and science and technology diffusion. This method consists of 3 processes, namely pre-production, production and post-production processes. This service was carried out for 2 months, in January and February 2022. The result of this service activity was a video profile production which was uploaded to YouTube, an Instagram account containing Omah Batik Sukun MSME products and a digital catalogue. The impact of implementing this activity is that there is an increase in the knowledge of Batik Sukun MSME managers regarding digital marketing, an increase in sales of 30%, the number of buyers increasing to 3 cities, and the community starting to become familiar with this batik product, around 30% are starting to recognize this batik.

 

ABSTRAK

Omah Batik Sukun merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang produksi batik. UMKM ini mengalami penurunan penjualan karena pengaruh pandemi covid-19 di tahun 2020 dan 2021. Pandemi selama 2 tahun ini menyebabkan pesanan dan juga tentu saja produksi batik berkurang. Berdasarkan hal tersebut, tim pengabdi melakukan pendampingan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan penjualan batik ini. Penggunaan digital marketing dimanfaatkan untuk mempromosikan sekaligus memperkenalkan ke masyarakat luas mengenai batik ini. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metod konsultasi dan difusi iptek. Metode ini terdiri dari 3 proses, yaitu proses pra produksi, produksi dan pasca produksi. Pengabdian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu pada bulan Januari dan Februari 2022. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah menghasilkan satu video profil yang sudah diunggah di youtube, akun Instagram yang berisi produk UMKM Omah Batik Sukun dan katalog digital. Dampak dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan pengelola UMKM Batik Sukun terkait digital marketing, peningkatan penjualan sebesar 30%, jumlah pembeli meningkat menjadi 3 kota, dan mulai dikenalnya produk batik ini di masyarakat yaitu sekitar 30% mulai mengenal batik ini.

Keywords

assistance; batik; digitalization; information technology; UMKM

Full Text:

PDF

References

R. Jannatin, M. W. Wardhana, R. Haryanto, A. Pebriyanto, and P. N. Banjarmasin, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” Jurnal Impact : Implementation and Action, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2020.

D. Purwana, R. Rahmi, and S. Aditya, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), vol. 1, no. 1, pp. 1–17, May 2017, doi: 10.21009/jpmm.001.1.01.

J. Sulaksono and N. Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri,” 2020. [Online]. Available: https://www.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-indonesia-january-2019-

L. Indana, R. Hidayati, and H. Satriyawan, “Pembuatan Profil Usaha dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Media Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Masyarakat di Era Pandemi (Company Profiles and Empowering Society through Digital Media to Increase Productivity Society in the Pandemic Era),” JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 1, pp. 43–53, 2022, doi: 10.33366/jast.v6i1.

L. Indana, M. Volenta Adil, and H. Setya Wijaya, “Pembuatan Video Tutorial Pengolahan Gula Aren Tradisional di Kabupaten Manggarai Barat, NTT sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat di Era Pandemi Covid-19,” in Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung (SENAM), 2022, pp. 100–113.

F. Alfiyan, “Pembuatan Video Profil Desa Wisata untuk Sarana Publikasi di Pokdarwis Gombengsari - Banyuwangi,” vol. 2, no. 2, 2021.

H. Dany Rahmayanti, M. Halim, S. Ardiani, and dan Nurul Akmalia, “Pendampingan Foto Produk UMKM Komunitas Saung Taleus di Kota Bogor Menggunakan Ponsel Cerdas,” Pekamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), vol. 1, no. 2, pp. 79–83, 2021.

S. Sidhartani, D. Pratama, A. Z. M. Raden, and M. I. Qeis, “Pelatihan Foto Produk UMKM Wayang Golek Sebagai Upaya Promosi Pasca Pandemi Covid-19,” Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, vol. 18, no. 2, pp. 180–189, Dec. 2020, doi: 10.33369/dr.v18i2.13522.

Irwansyah, Muchamad Zainul Rohman, and W. E. Sari, “Peningkatan Branding Produk Untuk Promosi UsahaMikro Kecil Menengah (UMKM),” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 6, pp. 1493–1499, Dec. 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i6.5357.

L. Gustina, W. Novita, and Y. Triadi, “Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 152–161, Jan. 2022, doi: 10.47233/jteksis.v4i1.392.

Z. Novita Sari et al., “Pengenalan Desain Batik dengan Katalog Brosur dan Pembuatan Video Profil Batik Sujo,” vol. 6, no. 2, 2023, doi: 10.17977/um045v6i2p123.

A. Z. Putri, N. Pramudiati, L. A. Nusron, and D. Prasetyo, “Modernisasi strategi UMKM demi Resistensi Usaha di Masa Pandemi COVID-19,” Al Khidmat: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 58–66, 2021.

T. Utari and P. M. Dewi, “Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat,” E-Jurnal EP Unud, vol. 3, no. 12, pp. 575–585, 2014.

N. A. Saputri and F. D. Mawardi, “Digital Marketing : Pendampingan Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Batu,” Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 155–163, 2022, doi: 10.22219/janayu.v3i2.21976.

D. I. Aryani and E. Djakaria, “Penerapan Motif Batik Pesisir Utara Jawa pada Perhiasan Logam (Studi Kasus: Warak Ngendog),” Idea: Jurnal Desain, vol. 20, no. 2, pp. 80–85, 2021.

A. Rohim and D. Dwianto, “Pembuatan Media Sosial, Marketplace dan Video Profil UMKM di Desa Wonosalam,” in Prosiding SNEB 2023, 2023, pp. 109–114. [Online]. Available: https://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/1134

Z. Novita Sari, R. Febianti, D. Aulia, and G. Athariq, “Pengenalan Desain Batik dengan Katalog Brosur dan Pembuatan Video Profil Batik Sujo,” Jurnal Karinov, vol. 6, no. 2, pp. 123–126, 2023, doi: 10.17977/um045v6i2p123.

A. N. Andriana et al., “Pendampingan UMKM Dalam Menghasilkan Video Profil Usaha Madu dan Video Potensi Usaha Budidaya Kelulut,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 7, no. 2, p. 1506, Apr. 2023, doi: 10.31764/jmm.v7i2.13729.

N. Istifadhoh et al., “Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku Usaha Batik Ecoprint,” Aptekmas - Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 147–152, 2022, doi: 10.36257/apts.vxix.

R. S. Dewi, O. Anita, C. Dewi, and R. Noviasri, “Perancangan dan Implementasi Sistem E-Commerce Pada UMKM Batik di Kabupaten Jombang,” Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 36–43, 2019.

I. K. Tjahjani, F. Baharuddin, and E. Yuliawati, “Strategi Mempertahankan Eksistensi Batik Tulis dan Peningkatan Daya Saing Pengrajin di Desa Sekardangan Sidoarjo,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), vol. 3, no. 1, pp. 51–60, May 2019, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.483.

D. Permatasari, F. Yogapratama, I. I. Kurniafitra, and W. Islamiah, “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk UMKM Batik di Kelurahan Gedog Kota Blitar,” Transformasi dan Inovasi - Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 60–72, 2022.

B. T. Mahendra, “Perancangan Katalog ‘Masterpiece of Batik Gedog’ Sebagai Wujud Pengenalan Batik Gedog Tuban Melalui Fotografi Analog,” 2021.

P. Anistiari and D. N. Tribuana, “Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Katalog Pengrajin Batik Desa Wangen,” in The National Conferences Management and Business (NCMAB) 2018 "Pemberdayaan dan Penguatan Daya Saing Bisnis dalam Era Digital, 2018, pp. 642–650.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.