Program Pembinaan Karakter Anak Cacat: Meningkatkan Kualitas Hidup Yayasan Bakti Luhur di Kota Malang

Eri Yusnita Arvianti, Cahyo Sasmito, Tirta Yoga

Abstract

This article aims to describe the Community Service Program (PkM) conducted at Bakti Luhur Foundation in Malang City, with a focus on character development for children with disabilities. Children with disabilities often face challenges in character development due to their physical or mental limitations. In this research, a series of activities and approaches were implemented to help foster the development of positive character traits, enabling them to face daily life confidently and independently. The research findings indicate that through structured and continuous character development programs, children with disabilities were able to develop positive traits such as courage, honesty, cooperation, and discipline.

ABSTRAK

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang dilakukan di Yayasan Bakti Luhur Kota Malang dengan fokus pada pembinaan karakter anak cacat. Anak-anak cacat sering menghadapi tantangan dalam pengembangan karakter karena keterbatasan fisik atau mental yang mereka miliki. Dalam penelitian ini, dilakukan serangkaian kegiatan dan pendekatan untuk membentuk mengembangkan karakter positif sehingga dapat menghadapi kehidupan sehari-hari dengan percaya diri dan mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui program-program pengembangan karakter yang terstruktur dan berkelanjutan, anak-anak cacat mampu mengembangkan karakter positif seperti keberanian, kejujuran, kerja sama dan disiplin.

Keywords

children with disabilities; character building; bakti luhur foundation

Full Text:

PDF

References

M. R. Imansyah and A. Muhid, “Upaya Meningkatkan Kemandirian Pada Penyandang Disabilitas Melalui Pelatihan Kemandirian ADL (Activity of Daily Living),” Peksos J. Ilm. Pekerj. Sos., vol. 21, no. 1, 2022.

B. P. P. Anggun Rusady, R. A. Saputra, A. D. Rajagukguk, D. Sijabat, P. N. I. Ariyanto, and M. D. Rahadhini, “Pemberdayaan Siswa Disabilitas dalam Meningkatkan Life Skill di Sekolah Luar Biasa melalui Keterampilan Fisik,” Bul. Poltanesa, vol. 23, no. 2, 2022, doi: 10.51967/tanesa.v23i2.1378.

Khairun Nisa, S. Mambela, and L. I. Badiah, “Karakter dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus,” J. Abadimas Adi Buana, vol. 2, no. 1, 2018, doi: 10.36456/abadimas.v2.i1.a1632.

M. C. Farida and D. Sondopen, “Pengajaran Pengaruh Tabernakel Terhadap Kesetiaan Beribadah Anak Sekolah Minggu,” J. Excel. Pendidik., vol. 1, no. 1, 2020.

W. Wellyanti, R. Marmawi, and M. Syukri, “Kerjasama Guru Dan Orang Tua Dalam Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Tk Lkia Ii Pontianak,” J. Pendidik. dan Pembelajaran khatulistiwa, vol. 10, no. 9, 2021.

M. dan E. F. Anas, “Pola Pendidikan Bagi Anak-Anak Penyandang Cacat Mental (Studi Di SLB Dharma Bakti Kelurahan Beringin Raya, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung),” J. Sosiol., vol. 15, no. 2, 2013, [Online]. Available: http://103.28.220.26/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=258211

M. I. A. Nuryadi, “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Remaja Perempuan Dengan Sindrom Mayer Rokitansky Kuster Hauser Dalam Psikologi Pendidikan Islam,” Universitas Islam Indonesia, 2023. [Online]. Available: Pola asuh orang tua dalam ajaran agama Islam merupakan kumpulan upaya tindakan yang bersifat merawat, membina, mendidik serta mengayomi setulus hati sesuai dengan syari’at Islam dengan harapan tidak mendekati apa yang dilarang dalam agama. Konsep pola asu

Fahrurrozi, “Membangun Ummat Melalui Pembinaan Karakter,” Tasamuh, vol. 11, no. 2, 2014.

Z. Arif, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bab Adabul Alim Wa Muta’allim dalam Kitab Bidayatul Hidayah dan Implementasinya bagi Santri,” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2019. [Online]. Available: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15610

Slamet, Membumikan Pendidikan Karakter di Sekolah, Edisi mare. Majalah media, 2011.

Y. Khan, Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri: Mendongkrak Kualitas Pendidikan. 2010.

S. Diana, “Strategi penanganan kesehatan mental anak penyandang disabilitas di Sekolah Al-Kaustar Jakarta Timur,” J. Integr. dan Harmon. Inov. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 1, no. 12, 2021, doi: 10.17977/um063v1i12p1332-1343.

Jusmiati and N. Dahlia, “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Sentra Nipotewe Palu,” Nosipakabelo J. Bimbing. dan Konseling Islam, vol. 4, no. 01, 2023, doi: 10.24239/nosipakabelo.v4i01.2008.

R. B. T, “Pembinaan Karakter Anak Pada Sekolah Alam Insan Kamil Di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa,” UIN Alauddin Makassar, 2015.

A. Prihatmojo, I. Mulia Agustin, D. Ernawati, and D. Indriyani, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Abad 21,” Pros. Semnasfip, 2019.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.