Upaya Peningkatan Penjualan Bibit Durian Berbasis Digital Marketing Melalui Pemberdayaan di Era Pasca Pandemi Covid-19

Dyanasari Dyanasari, Anis Trianawati, Eri Yusnita Arvianti

Abstract

This community service activity aims to provide counseling related to efforts to increase sales of UD durian seeds. Tunas Baru Mulya is in economic recovery after the Covid-19 pandemic through digital marketing sales. Service activities are carried out using observation, training, mentoring and evaluation methods. The results showed that UD. Tunas Baru Mulya experienced a problem, namely a decline in sales turnover during the covid-19 pandemic. This is a result of government policies related to social and space restrictions, thereby triggering a decline in selling power. With the problems that occur, a solution is needed, namely providing empowerment through digital marketing marketing strategies so that the sales turnover of durian seeds can increase again in the future. The results obtained from the empowerment carried out by researchers after this activity was carried out were UD. Tunas Baru Mulya has additional insight and skills in marketing durian seeds by utilizing digital marketing and increasing sales.

ABSTRAK

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan terkait upaya meningkatkan penjualan pada bibit durian UD. Tunas Baru Mulya dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 melalui penjualan digital marketing. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode observasi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Tunas Baru Mulya mengalami masalah yakni terjadi penurunan omzet penjualan ketika pandemi covid-19. Hal ini diakibatkan dari kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial dan ruang sehingga memicu penurunan daya jual. Dengan permasalahan yang terjadi maka diperlukan solusi yaitu memberikan pemberdayaan melalui stratategi pemasaran digital marketing sehingga omset penjualan bibit durian dapat kembali meningkat di masa yang akan datang. Hasil yang diperoleh dari pemberdayaan yang dilakukan peneliti setelah kegiataan ini dilakukan adalah UD. Tunas Baru Mulya memiliki tambahan wawasan dan keterampilan dalam memasarkan bibit durian dengan memanfaatkan digital marketing dan peningkatan penjualan.


Keywords

durian seeds; digital marketing; increase sales

Full Text:

PDF

References

F. Lawrenche, N. Wulandari, N. Ramadhan, F. Rahayu, M. A. Bakhtiar, and A. Nurrachmawati, “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA IKATAN REMAJA MASJID RT.04 LOA KULU,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 3, 2021, doi: 10.24198/kumawula.v3i3.28007.

N. P. E. D. Yanti, I. M. A. D. P. Nugraha, G. A. Wisnawa, N. P. D. Agustina, and N. P. A. Diantari, “Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pandemi COVID-19 dan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19,” J. Keperawatan Jiwa, vol. 8, no. 4, 2020.

M. Ramadhanti et al., “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Budidaya Lele Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.32815/jpm.v2i1.274.

Smeru, Prospera, UNDP, and UNICEF, “Ringkasan Eksekutif: Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesia,” SMERU Res. Inst., 2021.

B. Triatmanto, A. Sanusi, and A. Siswati, “Strategi Mempertahankan Usaha Dan Meningkatkan Peran Masyarakat Dimasa Covid-19 Pada Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Batik Zheng,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.33366/jast.v4i2.2063.

N. K. Wardhani, “Penerapan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Indonesia dalam Prespektif Hukum dan HAM,” KELUWIH J. Sos. dan Hum., vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.24123/soshum.v2i1.3990.

C. Muna, M. Y. Saifulloh, and F. Sodik, “Pemberdayaan Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 oleh PT. Pertamina (Persero) RU II Sungai Pakning,” Empower J. Pengemb. Masy. Islam, vol. 5, no. 2, 2020, doi: 10.24235/empower.v5i2.7269.

A. Sanjaya, L. Lisvia, F. L. Nursandy, and Y. S. Nurlita, “Pemanfaatan Digital marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19,” Plakat (Pelayanan Kpd. Masyarakat), vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.30872/plakat.v3i2.6741.

Y. G. Pradipta, “Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi UMKM Harmoni di Desa Kembangan Baki Sukoharjo,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

H. Malau, Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Moderenisasi Global, Cetakan Pe. Bandung: CV Alfabeta, 2017.

H. El-gohary, “E-Marketing - A literature Review from a Small Businesses perspective,” Int. J. Bus. Soc. Sci., vol. 1, no. 1, 2010.

mailchimp, “Digital marketing,” 2021. https://mailchimp.com/marketing-glossary/digital-marketing/ (accessed Jun. 05, 2022).

R. Hanif, A. Purnomo Sidi, A. Nizar Yogatama, M. Bukhori, and W. Dewi Anjaningrum, “Empowering Digital Business Bagi Pegiat Usaha Online Kota Malang,” J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, 2020, doi: 10.32815/jpm.v1i1.210.

L. Mileva and A. F. DH, “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE),” J. Adm. Bisnis, vol. 58, no. 1, 2018.

E. Efendi et al., “Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Masa New Normal Melalui Kegiatan Ekonomi Kreatif Usaha dengan Memanfaatkan Media Online,” J. Pembelajaran Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 4, 2021, doi: 10.33474/jp2m.v1i4.8776.

I. Andayani, M. V. Roesminingsih, and W. Yulianingsih, “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Nonform., vol. 16, no. 1, 2021, doi: 10.17977/um041v16i1p12-20.

M. Stelzner, “2019 Social Media Marketing Industry Report. Social Media Examiner.,” Media, no. April, 2019.

N. Z. Arrizal and S. Sofyantoro, “Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi,” Birokrasi Pancasila J. Pemerintahan, Pembangunan, dan Inov. Drh., vol. 2, no. 1, 2020.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.