Pendampingan Penggunaan Teknologi Informasi dalam Menangani Administrasi Usaha Persewaan Mesin Fotocopy

Susana Limanto, Ni Wayan Gitaputri, Anastasya Febriyanti

Abstract

Developing the photocopy machine rental business from CV Yuda Pratama has caused problems, especially in the administration section. The due date, the amount of the photocopy machine rental fee, the minimum amount of paper usage (sheets), and the cost of excess paper usage (sheets) per month are different for each tenant, causing administrative officers often reopen a contract file or bill of lading the previous month to create a new invoice. This condition often results in delays in submitting invoices to tenants. The service activities aim to carry out training and mentoring activities to overcome existing administrative problems through increasing knowledge and skills in the use of information technology. The method used is Science and Technology Substitution, Training, and Mentoring. The substitution of science and technology was done by developing an application for automatically making photocopier rental invoices. This application will replace the old system that has been running using Microsoft Excel. The service activities show that administrative routines generally spend much time can be minimized by mastering information technology. The remaining time can be used to think about ways to improve customer service and develop existing businesses.

ABSTRAK

Berkembangnya usaha persewaan mesin fotocopy dari CV Yuda Pratama menyebabkan adanya permasalahan khususnya di bagian administrasi.  Tanggal jatuh tempo, besarnya biaya sewa mesin fotocopy, jumlah minimum pemakaian kertas (lembar), dan biaya kelebihan pemakaian kertas (lembar) per bulan yang berbeda-beda untuk setiap penyewa menyebabkan petugas administrasi seringkali harus membuka arsip surat kontrak atau nota tagihan bulan sebelumnya untuk membuat nota tagihan yang baru. Hal ini seringkali mengakibatkan terjadinya keterlambatan untuk memasukkan nota tagihan ke penyewa. Tujuan dari kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah melakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk mengatasi permasalahan administrasi yang ada melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan penggunaan teknologi informasi.  Metode yang digunakan adalah Substitusi Ipteks, Pelatihan dan Pendampingan.  Substitusi Ipteks dilakukan dengan cara mengembangkan sebuah aplikasi pembuatan nota tagihan biaya sewa mesin fotocopy secara otomatis. Aplikasi ini akan menggantikan sistem lama yang selama ini dijalankan dengan menggunakan Microsoft Excel. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa rutinitas administrasi yang pada umumnya menghabiskan banyak waktu dapat diminimalisir dengan adanya penguasaan teknologi informasi dan sisa waktu yang ada dapat dimanfaatkan untuk memikirkan cara untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan dan mengembangkan usaha yang ada

Keywords

information technology; photocopy machine; rental business; administration tasks

Full Text:

PDF

References

S. Indayani and B. Hartono, “Analisis pengangguran dan pertumbuhan ekonomi sebagai akibat pandemi covid-19,” J. Ekon. Manaj. Univ. Bina Sarana Infoematika, vol. 18, no. 2, pp. 201–208, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/8581.

A. Jalil, F. M, and S. Kasnelly, “Meningkatnya Angka Pengangguran Di Tengah Pandemi (Covid-19),” J. Ekon. Syariah, vol. 2, no. 2, pp. 45–60, 2019.

L. Ph, R. H. Suwoso, T. Febrianto, F. Aziz, and D. Kushindarto, “Dampak Pandemi Covid-19 bagi Perekonomian Masyarakat Desa,” Indones. J. Nurs. Heal. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 37–48, 2020.

Redaksi, “Sri Mulyani: Belanja Mesin Fotocopy Stop,” Cakradunia, Sep. 02, 2021.

R. Djalante et al., “Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020,” Prog. Disaster Sci., vol. 6, 2020, doi: 10.1016/j.pdisas.2020.100091.

Yuliarti, “Interaksi Sosial dalam Masa Krisis : Berkomunikasi Online Selama Pandemi Covid-19,” in Seminar Nasional Problematika Sosial Pandemi Covid 19: Membangun Optimisme di Tengah Pandemi Covid-19, 2020, no. July, pp. 15–19, [Online]. Available: https://ojs.literacyinstitute.org/index.php/prosiding-covid19.

W. Hadiwardoyo, “Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19,” Baskara J. Bus. Entrep., vol. 2, no. 2, pp. 83–92, 2020, doi: 10.24853/baskara.2.2.83-92.

E. Handayani, P. P. Sari, and M. J. Islami, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh UMKM pada Masa Pandemi COVID-19,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 113–119, 2021, doi: 10.31504/komunika.v10i2.4622.

P. P. Sari, “Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Percepatan Berusaha Oleh Ekonomi Kreatif,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 7, no. 3, pp. 135–144, 2018, doi: 10.31504/komunika.v7i3.1824.

S. Zulfah, “Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan),” Bul. Utama Tek., vol. 13, no. 2, pp. 143–149, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/284.

H. N. Saturwa, S. Suharno, and A. A. Ahmad, “The impact of Covid-19 pandemic on MSMEs,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 24, no. 1, pp. 65–82, 2021, doi: 10.24914/jeb.v24i1.3905.

E. A. Wibowo, “Pemanfaatan Teknologi E-Commerce Dalam Proses Bisnis,” Equilibiria, vol. 1, no. 1, pp. 95–108, 2014.

L. Parinduri, “Penilaian Daya Saing Inovasi,” Bul. Utama Tek., vol. 13, no. 2, pp. 150–154, 2018.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.