Pembuatan Profil Usaha dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Media Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Masyarakat di Era Pandemi

Luthfi Indana, Rahmatina Hidayati, Haris Satriyawan

Abstract

The pandemic that hit Indonesia caused sluggish trade, tourism, and investment activities. As part of the trade, MSMEs also feel the impact, namely the reduced demand for their MSME products. One of the strategies taken to revive the economy is to carry out promotions through digital media. This service aims to make digital products as a means of promotion and education to the public. The method used is the diffusion of science and technology. The service results are profile videos of DD orchid and BM Putra and 1 video tutorial on Traditional palm sugar making in NTT. Using digital media as a promotional medium can reduce mobility and prevent the spread of the COVID-19 virus. The public understands the business profile of MSMEs whose profile videos are made and how to make palm sugar traditionally. Based on interviews, MSME profile videos only affect 5-10% of increasing sales/marketing of their products.

ABSTRAK

Pandemi yang melanda Indonesia menyebabkan kegiatan di bidang perdagangan, wisata dan investasi lesu. UMKM sebagai bagian dari perdagangan juga merasakan dampaknya yaitu berkurangnya permintaan produk UMKM mereka. Salah satu strategi yang dilakukan untuk menghidupkan kembali perekonomian adalah dengan melakukan promosi melalui media digital. Tujuan pengabdian ini adalah membuat produk digital sebagai sarana promosi dan edukasi kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah difusi iptek. Hasil dari pengabdian adalah video profil DD orchid dan BM Putra dan 1 video tutorial Pembuatan gula aren secara tradisional di NTT. Penggunaan media digital sebagai media promosi dapat mengurangi mobilitas dan mencegah penyebaran virus covid-19. Masyarakat menjadi paham profil usaha UMKM yang dibuat video profilnya dan cara pembuatan gula aren secara tradisional. Berdasarkan wawancara, untuk video profil UMKM hanya berpengaruh 5-10% bagi peningkatan penjualan/pemasaran produk mereka.


Keywords

business profile; community productivity; digital media

Full Text:

PDF

References

Covid19.go.id, “Website Resmi Perkembangan Kasus Covid 19 Indonesia,” Covid19.go.id, 2022. .

D. Detikcom, “PPKM Level 3 Artinya Apa_ Ini Makna, Aturan dan Daftar Daerahnya,” detik.com, 2021. .

Y. Sumarni, “Pandemi Covid 19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis,” Al-Intaj J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 2, no. 1, pp. 46–58, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj/article/viewFile/3358/2666.

R. A. Bahtiar and J. P. Saragih, “DAMPAK COVID-19 TERHADAP PERLAMBATAN,” Singkat, vol. XII, no. 6, pp. 19–24, 2020.

B. Susanto, A. Hadianto, F. N. Chariri, M. Rochman, M. M. Syaukani, and A. A. Daniswara, “Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Community Empower., vol. 6, no. 1, pp. 42–47, 2020, doi: 10.31603/ce.4244.

R. J. NAIMAH, M. W. WARDHANA, R. HARYANTO, and A. PEBRIANTO, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.

I. S. Melati, M. Margunani, S. Mudrikah, and L. K. Pitaloka, “Upaya Optimalisasi Praktik Digital Marketing Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Produk Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan,” Panrita Abdi - J. Pengabdi. pada Masy., vol. 4, no. 2, p. 155, 2020, doi: 10.20956/pa.v4i2.7685.

W. Hadiwardoyo, “Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19,” Baskara J. Bus. Entrep., vol. 2, no. 2, pp. 83–92, 2020, doi: 10.24853/baskara.2.2.83-92.

A. Alfin, “Jurnal Inovasi Penelitian,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 11, pp. 2255–2262, 2021.

M. I. Mahdi, “Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022,” 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.

D. S. Puspitarini and R. Nuraeni, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House),” J. Common, vol. 3, no. 1, pp. 71–80, 2019, [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/common/article/view/1950.

E. D. S. Watie, “Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media),” J. Messenger, vol. 3, no. 2, p. 69, 2016, doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270.

M. Muharam and A. G. Persada, “Implementasi Penggunaan Website Sebagai Media Informasi dan Media Pemasaran Hasil Pertanian dan Peternakan Desa Sumberejo,” Automata, vol. 1, no. 2, pp. 22–29, 2020.

S. Maryanti, I. O. Netrawati, and F. Faezal, “Menggerakan Perekonomian Melalui Pemulihan Usaha Dan Industri Mikro Kecil Menengah Pasca Bencana Gempa Bumi Di Nusa Tenggara Barat,” Media Bina Ilm., vol. 14, no. 4, p. 2321, 2019, doi: 10.33758/mbi.v14i4.342.

N. I. Nizar and A. N. Sholeh, “Peran Ekonomi Digital Terhadap Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Selama Pandemi COVID-19,” J. Madani Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Hum., vol. 4, no. 1, pp. 87–99, 2021, doi: 10.33753/madani.v4i1.163.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.