Purwarupa Ruang Tunggu Pintar Berbasiskan Mikrokontroler Sebagai Solusi Keamanan Siswa Setelah Pulang Sekolah

Deny Nusyirwan, Muhammad Abyan Fadillah, Prasetya Perwira Putra Perdana

Abstract

ABSTRAK

Revolusi industri saat ini sudah merambah ke semua bidang, bahkan saat ini bidang pendidikan juga merupakan salah satu bidang yang menjadi prioritas untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dengan dukungan teknologi. Dari hasil observasi, curahan gagasan dan  diskusi maka ditemukan sebuah permasalahan utama di lingkungan sekolah yaitu tingkat keamanan siswa setelah selesai jam pelajaran di sekolah. Adapun masalah perlu diperhatikan, adalah sebuah permasalahan yang serius bagi siswa dan pihak sekolah apabila terjadi peristiwa berupa kecelakaan lalu lintas pada siswa untuk sekolah yang berlokasi berdekatan dengan jalan raya, penculikan, pencurian barang berharga. Selain hal keamanan tersebut, kenyamanan siswa yang masih perlu diperhatikan setelah selesai pelajaran ketika menunggu penjemputan dari orang tua atau menggunakan transportasi umum. Berdasarkan permasalahan tersebut, diusulkan sebuah terobosan yang dapat menjadi solusi sekaligus dapat menjadi tolak ukur dan kemajuan bidang industri di dalam dunia pendidikan, yaitu ruang tunggu pintar untuk siswa sekolah. Adapun teknologi yang dipergunakan adalah sistem penampilan nama siswa pada LCD dengan menggunakan input dari RFID dan Keypad. Siswa yang berada pada ruang tunggu akan menempelkan kartu RFID pada RFID Reader,  maka Arduino akan menampilkan sebuah kode unik pada LCD yang hanya dapat diketahui oleh masing-masing orang tua yang sedang menunggu anaknya. Selain itu terdapat matrix key 4x4, dimana setiap siswa sekolah yang berada di ruang tunggu pintar dapat di masukkan nomor induk siswa, apabila nomor induk siswa tersebut benar maka pada LCD akan menampilkan nama dari siswa tersebut.

 Kata Kunci : arduino, ruang tunggu, sekolah, siswa

ABSTRACT

The industrial revolution 4.0 has penetrated all fields. Even now, the education sector is also one of the priority areas to improve the quality of education in schools with technological support in the world of education. From the observations, the outpouring of ideas and discussions found a significant problem in the school environment, namely the level of security and comfort of students after school hours. Problems need to be considered; It is a severe problem for students and the school in a traffic accident at a school located near the highway, kidnapping school children, and theft of valuables. Besides, this is also the comfort of students who still need to be considered after school when waiting for parents or using public transportation. Based on these problems, researchers propose a breakthrough that can be a solution and can be a benchmark and progress in the industry in education, namely a smart waiting room for school students. The technology used is the student name display system on the LCD by using RFID and Keypad input. Students in the waiting room will attach an RFID card to the RFID Reader, and then the Arduino will display a unique code on the LCD that can only be known by each parent who is waiting for his child. Also, there is a 4x4 matrix key, where each student in the smart waiting room can enter the student's parent number. If the student's number is correct then the LCD will display the student's name.

Keywords

arduino; waiting room; school; student

Full Text:

PDF

References

Ermawati A D, Sugiyanto G, and Indriyati, E, W, Penentuan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas dengan Pendekatan Fasilitas Perlengkapan Jalan di Kabupaten Purbalingga, Jurnal Dinamika Rekayasa, 2019, 15(1) : 65-74

Astarina L, Sugiyanto G, and Indriyati E W, Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Analisis Lokasi Black Spot di Kabupaten Bogor, Jurnal Dinamika Rekayasa, 2018, 14(2) : 65-76

Saleh A, Soehardi F, and Anggraini M, Implementasi Keselamatan Lalu Lintas Untuk Anak Sekolah Dasar Yang Berada Di Pinggir Jalan Lintas Barat, Jurnal Dinamisia, 2017, 1(1) : 35-38

Wijana N and Sanusi M, Sosialisasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Sekolah Di Sekolah Dasar Gugus I Dan Ii Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, Widya Laksana, 2014, 3(2) : 63-69

Joore P, and Brezet H, A Multilevel Design Model: The Mutual Relationship Between Product-Service System Development And Societal Change Processes , Journal of Cleaner Production, 2015, 97 : 92-105

Pereira J C, and Russo R F S M, Design Thinking Integrated in Agile Software Development: A Systematic Literature Review, Procedia Computer Science, 2018, 138 : 775-782

What is Design Thinking? [Daring], Tersedia pada : https://www.enterpriseirregulars.com/125085/what-is-design-thinking/ [ Diakses : 3 Agustus 2019 ].

Sekolah Kita SMP NEGERI 11 TANJUNGPINANG [Daring], Tersedia pada : http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/007328BD-31F5-E011-BF42-F542CFCD811C [ Diakses : 31 Mei 2019 ].

Wagner C, Kawulich B, and Garner M, Collecting Data Through Observation, Doing Social Research: A global context, 2012

Sekolah Kita SMP NEGERI 11 TANJUNGPINANG [Daring], Tersedia pada : http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/007328BD-31F5-E011-BF42-F542CFCD811C [ Diakses : 31 Mei 2019 ].

Zainol A S, Wan Mohd Yusof W Z, Mastor K A, Sanusi Z M, and Ramlie N M, Using Group Brainstorming in Industrial Design Context: Factors Inhibit and Exhibit, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2012, 49 : 106-119

von Saucken C, Lachner F, and Lindemann U, Principles for User Experience What We Can Learn from Bad Examples, International Conference on Kansei Engineering & Emotion Research, 2014

Wilkinson C R, and De Angeli A, Applying user centred and participatory design approaches to commercial product development, Design Studies, 2014, 35 (6) : 614-631

UX Magazine, Participatory Design in Practice, https://uxmag.com/articles/participatory-design-in-practice

Halskov K, and Hansen N B, The diversity of participatory design research practice at PDC 2002–2012, International Journal of Human-Computer Studies, 2015, 74 : 81-92

Kang M, Choo P, and Watters C E, Design for Experiencing: Participatory Design Approach with Multidisciplinary Perspectives, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2015, 174 : 830-833

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.