Identifikasi Keanekaragaman Tanaman di Pekarangan Perumahan terhadap Motivasi Kelompok Ibu-ibu Kader Lingkungan RW 09 Perumahan Joyogrand Kota Malang

Pamela Dinar Rahma, Dian Noorvy Khaerudin, Hesti Triana

Abstract

ABSTRAK

Masyarakat di RW 09 Perumahan Joyogrand memiliki kepedulian terhadap lingkungan, khususya kelompok lingkungan ibu-ibu PKK, selain itu khususya kelompok lingkungan ibu-ibu PKK.  Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi jenis tanaman dan mengetahui motivasi dan partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan tanaman. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan, yaitu terkait dengan jenis tanaman dan kerapatan tanaman, wawancara yang ditujukan kepada ketua RW, ketua RT dan ibu-ibu kader lingkungan, dan penyebaran kuisioner terkait dengan motivasi dan partisipasi. Hasil dari kegiatan ini antara lain, jenis tanaman yang ada di RW 09 sebagian besar adalah tanaman produktif seperti tanaman sayuran, buah dan tanaman toga, dan masyarakat RW 09 memiliki motovasi dan partisipasi yang tinggi dalam kelestarian lingkungannya.

 

Kata kunci : jenis tanaman; motivasi; lingkungan

 

ABSTRACT

The community in RW 09 Joyogrand Housing has a concern for the environment, especially the PKK environmental group, in addition to the PKK environment group. This activity has the aim to support plant species and study community motivation and participation in plant maintenance. The method used was field observations, which are related to crop types and crop yields, interviews aimed at RW heads, RT heads and Environmental cadres, and distributing questionnaires related to motivation and participation. The results of this activity include, among other types of plants in RW 09, most productive plants such as vegetables, fruit and toga plants, and the community of RW 09 has higher motivation and participation in environmental preservation.

Keywords

plant type; motivation; environment

Full Text:

PDF

References

Agus Andoko, 2004. Budidaya Cabai Merah Secara Vertikultur Organik. Penebar Swadaya, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta ; Penerbit Graha Ilmu.

Saifudin Sarief, 1986. Ilmu Tanah Pertanian. Pustaka Buana, Bandung.

Sugeng Winarso, 2005. Kesuburan Tanah. Gava Media, Yogyakarta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.