Pelatihan Pelaporan Keuangan Berbasis Aplikasi Di Lingkup Antar RT Dalam RW Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Malang

Sutrisno Sutrisno, Imam Cholissodin, Arief Andy Soebroto, Dian Eka Ratnawati, Lailil Muflikhah

Abstract


The use of information and communication technology for online-based financial applications has been widely developed, including in the fields of banking, finance, transportation, buying and selling, health, and so on. Likewise, mobile device-based applications such as cell phones, computers, laptops and others are also common and are widely used by the public. In accordance with these conditions, a community service activity was carried out in several RTs in one RW in Kauman Sub-District, Klojen District, Malang City (specifically RT-02 and RT-03 in RW-03) to use a financial application. The developed application is expected to facilitate financial management at the RT level, so that it becomes more effective, efficient, accurate and transparent. The stages of community service activities began with observations and surveys, especially in RT-02 and RT-03 in RW-03 Kauman Sub-District, Klojen District, Malang. The results of this survey formed the basis for implementing the financial application that was developed. After that, socialization and training on the use of applications that had been successfully developed from selected references were performed, so that the people were more accustomed to using the financial service system. With this application, it is hoped that the management of financial services will become easier and application users will also be facilitated by the features provided. The results of this activity are that RT Financial Management System (SIPUT) can be accessed in various platforms both desktop PC and web devices, and this system uses a user friendly display so that RT-02 and RT-03 Staffs in RW-03 Kauman Sub-District can easily conduct financial management quickly and accurately that improves their performance. Therefore, SIPUT is very suitable with the needs of the object of community service. RT staffs can carry out a variety of management of several activities such as making financial management, mail management, and citizen activity management.


ABSTRAK

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk aplikasi keuangan berbasis online telah banyak dikembangkan, diantaranya di bidang perbankan, keuangan, transportasi, jual beli, kesehatan, dan sebagainya. Demikian juga aplikasi berbasis perangkat bergerak seperti telepon seluler, komputer, laptop maupun lainnya juga sudah lazim dan banyak digunakan oleh masyarakat. Berdasarkan kondisi tersebut, maka dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat antar RT dalam satu RW di wilayah Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang (khususnya RT-02 dan RT-03 di RW-03) untuk menggunakan aplikasi keuangan. Aplikasi yang dikembangkan diharapkan dapat mempermudah dalam melakukan pengelolaan keuangan di tingkat RT, sehingga lebih efektif, efisien, akurat dan transparan. Tahapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan melakukan observasi dan survei khususnya RT-02 dan RT-03 di RW-03 Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang. Hasil survei ini dijadikan dasar implementasi aplikasi keuangan yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi yang telah berhasil dikembangkan dari referensi terpilih, agar masyarakat lebih terbiasa dalam menggunakan sistem layanan keuangan tersebut. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan pengelolaan layanan keuangan menjadi lebih mudah dan pengguna aplikasi juga dimudahkan dengan adanya fitur-fitur yang telah disediakan. Hasil dari kegiatan ini yaitu, Sistem Pengelola Keuangan RT (SIPUT) dapat diakses dalam berbagai platform baik perangkat PC desktop maupun web, lalu sistem ini menggunakan tampilan yang user friendly sehingga Staff RT-02 dan RT-03 RW-03 Kelurahan Kauman dapat dengan mudah melakukan manajemen pengelolaan keuangan dengan cepat dan akurat, sehingga kinerja mereka menjadi lebih baik. Jadi SIPUT ini sangat sesuai dengan kebutuhan objek pengabdian masyarakat. Staff RT dapat melakukan berbagai pengelolan beberapa kegiatan seperti membuat manajemen keuangan, manajemen surat, dan manajemen kegiatan warga.

Kata kunci : sistem; pengelola keuangan; Kauman; teknologi web; dekstop


Keywords


system; financial management; kauman; web technology; desktop

Full Text:

PDF

References


BI. ”Pengelolaan Keuangan (Modul Pelatihan)”. 2014. < http://www.bi.go.id/id/perbankan/keuanganinklusif/edukasi/Contents/Pengelolaan%20Keuangan%20Modul%20Pelatihan.pdf >.

Sejarah Kauman. ”Pola Permukiman Kampung Kauman Kota Malang” http://elibrary.ub.ac.id/bitstream/123456789/23496/1/Pola-Permukiman-Kampung-Kauman-Kota-Malang.pdf

SK Rektor UB. ”Buku Pedoman Kegiatan Akademik Universitas Brawijaya Tentang Pengabdian Masyarakat”. 2007-2008. http://oldsite.ub.ac.id/id/9_publication/bppub/sk_rektor.php.

Github. ”Sistem Pengelola Keuangan RT (SIPUT)”.2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/jast.v4i1.1593

Article metrics

Abstract views : 31 | views : 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sutrisno Sutrisno, Imam Cholissodin, Arief Andy Soebroto, Dian Eka Ratnawati, Lailil Muflikhah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi

ISSN  2548-7981 (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

 

View My Stats