Pojok Digital: Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pengenalan Literasi Baru pada Siswa SD Negeri 2 Pujiharjo

Hasminar Rachman Fidiastuti, Chandra Adi Prabowo, Hanif Fikri Bariska

Abstract


ABSTRAK

Memasuki era revolusi industri 4.0, penguasaan keterampilan literasi berupa membaca, menulis, dan berhitung pada siswa tidak lagi cukup untuk memenuhi modal dasar berkiprah di masyarakat, sehingga diperlukan adanya tambahan literasi, berupa literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia untuk menghadapi era disrupsi inovasi. Pendidik dalam masa ini, dihadapkan pada kondisi siswa yang termasuk dalam klasifikasi generasi Z,  yang ditandai dengan kemunculan generasi yang berkembang dalam era komputerisasi serta dukungan koneksi internet yang kuat dan tak berbatas. Kondisi tersebut mengharuskan pendidik memiliki strategi dan inovasi dalam memperkenalkan pembelajaran berbasis teknologi digital. SD Negeri 2 Pujiharjo masih kesulitan dalam mengembangkan proses belajar dan pembelajaran yang terjadi pada siswa. Minimnya fasilitas yang dimiliki oleh sekolah yang terletak di desa Pujiharjo, kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang ini membuat literasi siswa menjadi terbatas dan motivasi belajar siswa tergolong rendah. Upaya penyusunan pojok digital memberikan peningkatan keterampilan, baik bagi guru maupun siswa. Hasil dari program kemitraan ini telah meningkatkan penguasaan keterampilan siswa dalam pemanfaatan teknologi digital pada pembelajaran. Tantangan yang dihadapi dalam program pemberdayaan ini adalah keberlanjutan sekolah dalam manajemen operasional agar hasil yang diperoleh lebih optimal. Upaya yang ditempuh yaitu dengan peningkatan kemampuan manajerial guru dalam manajemen operasional dan menyusun SOP pengelolaan.

Kata kunci : revolusi industri; pembelajaran digital; literasi baru

 ABSTRACT

 Entering the era of the industrial revolution 4.0, mastering literacy skills in the form of reading, writing, and arithmetic to students is no longer sufficient to meet the basic capital to take part in society, so that additional literacy is needed, in the form of data literacy, technological literacy, and human literacy to face the era of innovation disruption. Educators in this period, faced with the condition of students who are included in the classification of generation Z, which is characterized by the emergence of a generation that developed in the era of computerization and the support of a strong and unlimited internet connection. These conditions require educators to have a strategy and innovation in introducing digital technology-based learning. Public Elementary School 2 Pujiharjo still has difficulties in developing the learning and learning processes that occur in students. The lack of facilities owned by schools located in the village of Pujiharjo, Tirtoyudo sub-district, Malang district has made student literacy limited and student motivation is low. Efforts to compile digital corners provide improved skills, both for teachers and students. The results of this partnership program have improved students' mastery of skills in the use of digital technology in learning. The challenge faced in this empowerment program is the sustainability of schools in operational management so that the results obtained are more optimal. The effort taken is to increase teacher managerial skills in operational management and develop operational management standards.


Keywords


industrial revolution; digital learning; new literacy

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. (2017). Menyongsong Era Literasi Baru. Uneiversitas Negeri Semarang. Gagasan [Online]. Available: https://unnes.ac.id/gagasan/menyongsong-era-literasi-baru/

Fitriani, Y; Ikhsan A.A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. presented at Seminar Nasional Bahasa dan Sastra. [Online]. Available: http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBASA/article/viewFile/2592/2534

Intan, A. (2018). Era Revolusi Industri 4.0 Perlu Persiapkan literasi Data, Teknologi dan Sumber Daya Manusia. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 17 Januari 2018 https://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/01/17/era-revolusi-industri-4-0-perlu-persiapkan-literasi-data-teknologi-dan-sumber-daya-manusia/

Khadijah, U. L. S., Diah S. R., Sukesih, dan Rully K., “Literasi Informasi Motivasi Berwirausaha Ibu Rumah Tangga Kelurahan Nagasari Kabupaten Karawang Barat” Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan. 4. 2. (2016): 149-160.

S. Sholikha. (2015). Penerapan teknologi informasi dalam pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi, Pros. Semin. Nas. 9 Mei 2015, pp. 375-383, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/jast.v3i2.1417

Article metrics

Abstract views : 101 | views : 52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hasminar Rachman Fidiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi

ISSN  2548-7981 (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

 

View My Stats