Perancangan Gelpi (Gelang Piket) Berbasiskan Arduino Uno Sebagai Pengingat Jadwal Piket Siswa Sekolah Dasar

Deny Nusyirwan, Lilis Agustina Sinaga, Prasetya Perwira Putra Perdana

Abstract

ABSTRAK

Sebagian besar dari fasilitas sekolah terdiri dari ruangan-ruangan yang dimanfaatkan untuk  kegiatan belajar yang dihadiri oleh siswa dan guru. Ruangan tersebut terdiri dari bangku siswa, meja guru dan beberapa fasilta penunjang seperti lemari untuk menyimpan buku dan hasil karya siswa. Selain sampah yang juga terdapat di dalam kelas, tata letak bangku juga terkadang sudah tidak sesuai setelah jam pelajaran selesai. Sekolah biasanya akan dilengkapi dengan petugas penjaga yang akan membantu dalam hal kebersihan dan kerapian ruangan, namun sudah menjadi kebiasaan di sekolah, wali kelas membentuk jadwal piket yang tediri dari siswa yang bertugas untuk membersihkan dan merapikan ruangan setelah jam pelajaran selesai. Dari hasil pengamatan dapat ditemukan tidak semua siswa yang sudah mendapatkan tugas piket melakukan tugasnya, oleh sebab itu diusulkan sebuah inovasi berbasiskan teknologi yang bernama Gelpi (Gelang Piket) yang berfungsi sebagai pengingat. Gelpi akan diberikan kepada siswa yang mendapatkan jadwal piket di kelas tertentu dan hari tertentu sebelum jam pelajaran terakhir selesai. Teknologi ini mengintegrasikan perangkat mikrokontroler Arduino Uno sebagai pusat pengelolaan informasi, buzzer, LCD  yang akan menampilkan pesan  dan RTC (Real Time Clock) sebagai pengatur waktu. Penelitian dimulai dengan pendekatan Double Diamand yang diperkenalkan oleh British Design Council, yaitu memulai proses perancangan dengan social research yang bertujuan untuk dapat menghasilkan inovasi berbasis teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat setempat. Setelah mendapatkan solusi utama, maka akan dilanjutkan dengan pembuatan sederhana yang akan dipergunakan untuk uji fungsi dan manfaat bersama calon pengguna. Dari hasil pengujian bersama calon pengguna, didapatkan bahwa purwarupa yang berbentuk seperti jam tangan tidak mengganggu siswa, karena siswa pada umumnya sudah mempergunakan jam tangan ketika di sekolah. Fungsi pengingat sangat membantu siswa menghindari kelupaan terkait jadwal piket. Dan pada akhirnya tugas guru akan menjadi lebih mudah karena tidak perlu mengingatkan siswa setiap hari setelah jam pelajaran terahir.

Kata Kunci : sekolah; siswa; arduino; buzzer; RTC


ABSTRACT

Most of the school facilities consist of rooms that are used for learning activities attended by students and teachers. The room consists of a student bench, a teacher's desk and several supporting facilities such as a cupboard to store books and student work. In addition to garbage that is also present in the classroom, the bench layout is also sometimes not suitable after the lesson is over. Schools will usually be equipped with guard officers who will assist in the cleanliness and tidiness of the room, but it has become a habit in school, homerooms form a picket schedule consisting of students who are tasked with cleaning and tidying up the room after class hours. From the results of the observations, it can be found that not all students who have received picket assignments do their job, therefore a technology-based innovation called Gelpi (Picket Bracelet) is proposed that serves as a reminder. Gelpi will give to students who get picket schedules in certain classes and certain days before the last lesson hours are completed. This technology integrates Arduino Uno microcontroller devices as a center for information management, buzzer, LCD that will display messages and RTC (Real Time Clock) as a timer. The research began with the Double Diamand Design Process of the United Kingdom Design Council, which began the design process with social research that aims to be able to produce technology-based innovations that benefit the community. After getting the main solution, it will be followed by a simple manufacture that will be used to test the functions and benefits with prospective users. Based on the results of testing with prospective users, obtained from prototype that form watches that are not opened by students, because students in general already use compilation watches at school. A reminder function that is very helpful for students who are opposed to forgetfulness related to picket schedules. And finally the task of the teacher will be easier because there is no need for students every day after the last lesson.

Keywords

school; student; arduino; buzzer; RTC

Full Text:

PDF

References

Sanyoto, I., Wibowo, A., dan Agustine, L, (2014), Reminder Kit Secara Wireless Berbasis Mikrokontroler AVR, Jurnal Widya Teknik, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Vol 13, No 2, pp. 33-44

Setiwan, E., (2015), Aplikasi Alarm Anti Maling Berbasis Mikrokontroler AT Mega 8535, Jurnal SISFOKOM, STMIK Atma Luhur, Vol. 04, No. 02, pp. 28-34

Muzaki, A., S., Hendra, A, and Pamungkas, W., (2011). Aplikasi Sensor Cahaya Untuk Alaram Anti Pencuri, Jurnal Infotel, Institut Telkom Purwokerto, Vol. 3, No. 2

Irjayanto, S., Chamim, A.,N., N., (2015). Prototipe Kotak Pengingat Minum Obat, Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , Vol. 18, No. 2, pp. 182-189.

Kastner, S and Knight, R. T, (2017), Bringing Kids into the Scientific Review Process. Neuron , Vol. 93, Edisi 1, page 12-14, Elsevier Inc

Irbīte, A., and Strode, A.,(2016), Design thinking models in design research and education, Proceedings of the International Scientific Conference. Vol. IV, page 488-500

A Scottish approach to designing public services A Scottish approach Design approach [Daring], Tersedia pada : https://resources.mygov.scot/37f87d5/designing-public-services-in-scotland/why-we-need-design-for-public-services-in-scotland/design-approach/ [ Diakses : 31 Mei 2019 ].

Stanford University [Daring], Tersedia pada : http://web.stanford. edu, [Diakses : 31 Mei 2019 ]

Sekolah Kita [Daring], Tersedia pada : http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/90AD19BD-31F5-E011-B7F8-3B12490BB869 [ Diakses : 31 Mei 2019 ].

Wagner, C., Kawulich, B., and Garner, M., (2012), Collecting Data Through Observation, Doing Social Research: A global context, McGraw Hill

Nusyirwan, D., (2017) Engineering Design Process Engineering Student Centered Experience Learning (ESCEL) di Jurusan Teknik Elektro Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Bastien, J.M. C., (2010) Usability testing: a review of some methodological and technical aspects of the method”, International Journal of Medical Informatics, Vol. 79, Edisi 4, page e18-e23, Elsevier Ireland Ltd

von Saucken, C., Lachner, F., and Lindemann, U., (2014), Principles for User Experience What We Can Learn from Bad Examples, International Conference on Kansei Engineering & Emotion Research

Johnson, G. I., Clegg, C. W., and Ravden, S. J (1989), Towards Practical User Experience Evaluation Methods, Applied Ergonomics, Volume 20, Edisi 4, p. 255-260, Elsevier Ltd

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.