Perancangan Desain Logo “R3-Viora” sebagai Identitas Baru UKM Viora Collection, Tanggulangin, Sidoarjo

Choirul Anam, Alfan Nur Rochman, Achmad Fauzi, Ayu Nindyapuspa, Shah Khadafi

Abstract

UKM Viora is one of the UKM in Tanggulangin, Sidoarjo. This UKM is engaged in the production of bags, wallets using recycled materials from cement bags and carries the theme of products that are environmentally friendly. In the course of its business, UKM Viora has difficulty in developing the value of its products, this is because the most important factor in a business is identity, where identity in this case must be recognized, registered and known by the public. The identity is contained in a logo and is the name used by UKM Viora in marketing its products and is constrained from not being accepted by name and logo when registering because there are Sames that have names with the same pronunciation, so the effect of the logo and brand cannot be pinned or diplomatic in every product made by UKM VIORA.This service was carried out to assist UKM Viora in designing a new logo and name for its business identity so that it can be registered and can be applied to each of its products. Besides that, it is also mentoring the creation of this logo to improve the competitiveness and selling value of the products produced.The results of this service show that the logo and name offered have various variations and types as well as the concepts and intentions of each logo that is made, so that the logo design that is most suitable for the needs of UKM Viora is chosen and applied to each product. The logo that has been selected will be applied to various types of media needed as initial requirements, namely stamp. Further results show that the logo can be applied in the form of labels, with one technique using laser engraving on synthetic leather media of the size requested by UKM Viora.

ABSTRAK

UKM Viora adalah salah satu Usaha Kecil Menengah yang berlokasi di Tanggulangin, Sidoarjo. UKM ini bergerak dibidang pembuatan produksi tas, dompet dengan menggunakan bahan daur ulang dari kantong semen dan mengusung tema produk yang ramah lingkungan. Dalam perjalanan usahanya, UKM Viora kesulitan dalam mengembangkan nilai produknya, hal ini disebabkan karena faktor yang paling penting dalam sebuah usaha yaitu identitas, dimana identitas dalam hal ini harus diakui, terdaftar dan dikenal oleh masyarakat. Identitas tersebut terdapat pada sebuah logo dan merupakan nama yang dipakai UKM Viora dalam memasarkan produknya dan terkendala tidak diterima nama dan logonya saat mendaftar dikarenakan ada UKM yang memiliki nama dengan pengucapan yang sama, sehingga efeknya logo dan merknya tidak bisa disematkan atau diaplkiasikan produk UKM VIORA. Pengabdian ini dilakukan untuk mendampingi UKM Viora dalam perancangan logo dan nama baru untuk identitas usahanya sehingga bisa terdaftar dan dapat diterapkan kedalam setiap produknya. Disamping itu juga pendampingan pembuatan logo ini, bertujuan meningkatkan daya saing dan nilai jual produk – produk yang dihasilkan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa logo dan nama yang ditawarkan memiliki berbagai macam variasi dan jenisnya serta konsep dan maksud dari setiap logo yang dibuat, sehingga terpilih desain logo yang sesuai kebutuhan UKM Viora untuk dijalankan dan diaplikasikan kedalam setiap produknya. Logo yang sudah terpilih akan diaplikasikan ke berbagai macam media yang dibutuhkan sebagai kebutuhan awal yaitu stempel. Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa logo dapat diaplikasikan dalam bentuk label, dengan salah satu tekniknya menggunakan laser grafir pada media kulit sintetis dengan ukuran yang diminta oleh UKM Viora.

Kata Kunci : perancangan logo; identitas baru; UKM Viora

Keywords

logo design; new identity; UKM Viora

Full Text:

PDF

References

. Choirul Anam, L. H. Nugraha, Rochman A.N. (2018). Pemanfaatan Kantong Semen dan Kayu Laser Sebagai Produk Tas untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Nilai Jual di UKM Viora Tanggulangin, Sidoarjo. Jurnal ITENAS Rekarupa, Vol. 05 No. 1, page 11-21

. Dasril A., Syafwandi, Faisal D. (2017). Perancangan Corporate Identity Distro Reckless Store Padang. Jurnal Universitas Negeri Padang, Vol. 05, No. 2

. Hidayat A., (2017) Perancangan Buku Panduan Teknik Brush Calligraphy Script. Skripsi thesis, Repository Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

. Nugroho, S. (2015). Manajemen Warna Dan Desain (hal. 182). Yogyakarta: ANDI.

. Satria Apriandi, A. S. (2018). Hand Lattering Karya Awaludin. Jurnal Seni Rupa, Volume 06 Nomor 01. Universitas Negeri Surabaya.

. Wong, W. (1986). Beberapa Asas Merancang Dwimatra. Bandung: ITB.

. Sudharmono, B., Firmansyah, E. (2019). Tersedia pada: https://Error! Hyperlink reference not valid.. [Diakses : 10 Mei 2019]. Program Studi Teknik Informatika STMIK Sumedang

. Team-de.blogspot.com. Tersedia pada: https://team-de.blogspot.com/ 2014/12/pengertian-nirmana-dwimatra-atau.html [Diakses : 10 Mei 2019].

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.