Pelatihan Strategi Kewirausahaan Mandiri Karang Taruna Dewa Singha Kelurahan Merjosari Kota Malang

Ayudya Mahendaringratry, Anitarakhmi Handaratri

Abstract


Kewirausahaan menjadi pemecahan permasalahan ekonomi di Indonesia saat ini. Kontribusi seorang entrepreneur meningkatkan kesejahteraan beberapa karyawannya sehingga bila diukur melalui tingkat pengangguran maka akan terlihat sangat membantu. Banyak sekali bidang usaha yang dapat ditekuni oleh seorang enterpreneur, khususnya yang menghasilkan produk yang dibutuhkan masyarakat modern saat ini. Oleh karena itu terkait dengan hal tersebut maka diselenggarakan Kegiatan Penyuluhan Manajemen Kewirausahaan bagi Anggota Karang taruna Dewa Singha Kelurahan merjosari Kota Malang. Kegiatan penyuluhan ini merupakan bentuk Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen di bidang Teknik Industri yang terkait dengan matakuliah Technopreneurship. Kegiatan terdiri dari dua macam yaitu penyuluhan yang dilakukan secara terstruktur dan konsultasi yang dilaksanakan di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Gajayana Malang. Untuk tingkat pengetahuan yang diperoleh peserta dilakukan kuesioner dengan skala likert yang berbobot 1 sampai dengan 7. Hasilnya adalah  sebesar 84,2 % mengacu dari kriteria penilaian maka dapat disimpulkan bahwa hasil dari kegiatan penyuluhan ini lebih baik dibandingkan sebelum ada kegiatan penyuluhan ini. Maka dapat dikatakan peserta memperoleh pengetahuan dan diaplikasikan ke usaha yang akan dibangun atau yang telah ada dengan beberapa perbaikan. Serta banyak peserta yang menginginkan agar kegiatan ini ditambahkan dengan metode akuntansi yang sederhana tetapi mampu menangani bentuk usaha kecil


Keywords


enterpreneur; manajemen kewirausahaan; karang taruna; penyuluhan; konsultasi.

Full Text:

PDF

References


Endang, M.G. WI, “Analisis Faktor-Faktor Motivasi Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Pengusaha UKM” Jurnal Profit, Vol. 6, No. 1, Juni 2012: 63.

Heflin, F. Z. “Be Enterpreneur” Yogjakarta: Graha Ilmu.

Zultiar, Indra. Siwiyanti, Leonita. “Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Melalui Kegiatan Market Day” Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi, Vol. 6, Edisi 11, Oktober 2017: 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/jast.v3i1.1201

Article metrics

Abstract views : 76 | views : 47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayudya Mahendaringratry

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi

ISSN  2548-7981 (online)

Email : [email protected]

 

Editorial Office :
Fakultas Teknik, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Jl. Telaga Warna Blok C, Tlogomas, MALANG 65144, Jawa Timur
Tel / fax : (0341) 565 500 / (0341) 565 522

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

View My Stats