Pemanfaatan Website dan Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness Terhadap Pusat Pelatihan dan Pedesaan Swadaya (P4S) Desa Karang Melok, Bondowoso

Oktalia Juwita, Priza Pandunata, Soekma Yeni Astuti

Abstract

ABSTRAK

 

   Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah salah satu kelompok tani yang diketuai oleh Bapak Buharto di desa Karang Melok, kecamatan Tamanan, kabupaten Bondowoso. Kegiatan utama dari P4S adalah memberikan pelatihan untuk menjalankan pertanian organik dan pembuatan pupuk organik. Permasalahan yang dihadapi P4S adalah pada kegiatan pemasaran dan proses pendaftaran bagi kelompok atau individu yang ingin mengikuti pelatihan. Selama ini pemasaran yang dilakukan oleh P4S adalah dengan cara konvensional yaitu dari mulut ke mulut. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara langsung melalui telpon tanpa adanya proses pendataan. Upaya yang dapat dilakukan untuk pemasaran dan meningkatkan brand awareness P4S adalah dengan membuatkan website dan akun di media sosial (facebook), dan kemudian disosialisasikan penggunaanya ke pengelola/anggota P4S.

Kata kunci : P4S, pemasaran, brand awareness, website, media sosial.

 

ABSTRACT

 “Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S)” is one of the farmer groups chaired by Mr. Buharto in Karang Melok village, Tamanan, Bondowoso. The main activity of P4S is to provide training to runing organic farming and making organic fertilizer. The problems faced by P4S are marketing activities and the registration process for groups or individuals who want to take part in the training. So far the marketing carried out by P4S is in the conventional way, which is word of mouth. Registration can only be done directly by telephone without the data collection process. Efforts that can be made for P4S in marketing activities and increasing brand awareness are by creating websites and account on social media (in this case Facebook), and then disseminated its use to members of P4S.

Keywords

P4S; marketing; brand awareness; website; social media

Full Text:

PDF

References

S. Sholikha, “Penerapan teknologi informasi dalam pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi,” Pros. Semin. Nas. 9 Mei 2015 penting, pp. 375–383, 2013.

N. Kreatif et al., “Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada,” no. April 2015, 2012.

H. Hartanto and E. Silalahi, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Untuk Meningkatkan Brand Awareness , Functional Brand Image, Dan Hedonic Brand Image Dari Produk – Produk Samsung,” pp. 187–203, 2013.

Y. Firmansyah and Udin, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya , Kalimantan Barat,” J. Teknol. Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 185–191, 2018.

R. Lewallen, Software Development Life Cycle Models, vol. 6, no. 1. 2005.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.