Manajeman Produksi Usaha Lampu Hias Kreasi Bamboo di Kabupaten Bangkalan Propinsi Jawa Timur

Buaddin Hasan

Abstract

Lampu hias merupakan salah satu ornamen yang menjadi penghias ruangan. Ornamen ini biasa dipajang di kamar tidur ataupun ruang keluarga. Pada umumnya ornamen ini terbuat dari bahan-bahan seperti kaca, kristal dari plastik,ataupun stainless steel. Adanya bambu yang melimpah di desa Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan berhasil dimanfaatkan oleh pemuda setempat (Imam Syafii) menjadi kerajinan bambu ukir lampu hias. Meski tergolong baru, kerajinan tangan beraneka motif tersebut sangat diminati karena bentuknya yang cukup unik. Dalam rangka mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat mitra, tim pengusul bekerjasama dengan mitra memanfaatkan bambu dengan memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan Usaha Lampu Hias Kreasi Bamboo (Lapas Kriboo) dengan memanfaatkan IPTEK. Pelaksanaan program PKM ini dilakukan dengan 4 metode, pertama metode pendidikan masyarakat yaitu pelatihan dan pendampingan dalam memanfaatkan bambu dengan berbagai desain motif ukir menjadi lampu hias ukir, metode pelatihan ini merupakan upaya mendidik dan melatih mitra agar mampu memanfaatkan bambu sehingga menghasilkan kerajinan berupa lampu hias. Kedua, Metode Substitusi IPTEK yaitu memberikan gambaran cara memasarkan produk dan melakukan pendampingan sampai mitra mampu memasarkan produk dengan baik, pada tahap ini pengusul melakukan pendampingan kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan media sosial dan media rekanan untuk memasarkan produk, serta melatih untuk dapat bermitra dengan toko-toko pusat oleh-oleh di Kabupaten Bangkalan. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan produksi dan motif ukir lampu hias mencapai 40% dari semula, hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan mitra usaha.

Keywords

Lapas Kriboo, Lampu, Ukir, Bambu

Full Text:

PDF

References

Hasan, B., & Rizkiana, A. (2018, October). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KERUPUK KERANG MADURASA (PRODUK MADURA CITARASA NUSANTARA) DI KABUPATEN BANGKALAN. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 1, pp. 37-41).

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.