PKM Guru Matematika MTs Swasta Kecamatan Jabung Kabupaten Malang Jawa Timur

Kawakibul Qamar, Selamet Riyadi, Yusriel Ardian

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Guru Matematika bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan software aplikasi freeware matematika yang bebas biaya lisensi sebagai media pembelajaran. Kegiatan ini difokuskan pada guru Matematika di kecamatan Jabung Kabupaten Malang yang mengabdi di MTs Ahmad Yani dan MTs Ar-Rahmah. Dari hasil wawancara dengan kepala sekolah dan beberapa guru, ditemukan masalah antara lain banyak guru yang belum pernah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan/workshop pemanfaatan software matematika sebagai media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya kreativitas guru dalam memilih model, metode atau pendekatan dalam mengajarkan konsep dasar matematika. Begitu juga dengan jangkauan teknologi informasi yang masih sangat kurang, sehingga guru ataupun sekolah, kurang mendapatkan informasi atau perkembangan software khususnya dalam pembelajaran matematika. Untuk menyelesaikan permasalahan diatas maka diperlukan suatu solusi untuk membantu menyelesaikan yaitu dengan melakukan pendampingan terhadap guru matematika dalam menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kreativitas guru. Metode yang ditawarkan dengan memberi workshop agar mengenal software aplikasi freeware matematika. Rencana selanjutnya adalah pendampingan guru/peserta pelatihan dalam mendesain perangkat pembelajaran menggunakan software sebagai media pembelajaran yang sudah diberikan melalui kegiatan pelatihan.

Keywords

mentoring; mathematics teacher; learning media

Full Text:

PDF

References

K. Qamar, P. Purwanto, and M. A. Karim, “Pemanfaatan Short Message Service (SMS) dalam Remedial Teaching dengan Menggunakan Scaffolding pada Materi Peluang di SMK PGRI 3 Malang,” Malang State University, 2013.

K. Qamar and S. Riyadi, “Bentuk Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Berbasis Teks,” in Prosiding SEMNASDIKMAT, 2016, vol. 1, pp. 301–305.

B. Herijanto, “Pengembangan CD Interaktif Pembelajaran IPS Materi Bencana Alam,” J. Educ. Soc. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 8–12, 2012.

J. I. Pendidikan, U. K. Malang, T. C. Wulandari, and U. K. Malang, “Pengembangan Modul Barisan Dan Deret,” pp. 883–889.

S. Riyadi, K. Qamar, and T. C. Wulandari, “Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Menggunakan Aplikasi Open Source,” Res. Rep., pp. 143–147, 2016.

M. Hohenwarter, J. Hohenwarter, Y. Kreis, and Z. Lavicza, “Teaching and calculus with free dynamic mathematics software GeoGebra,” 11th Int. Congr. Math. Educ., pp. 1–9, 2008.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.