OPTIMA

Journal Homepage Image

OPTIMA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial merupakan publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh UNITRI PRESS sebagai media komunikasi dan informasi di bidang tersebut dengan  nomor ISSN 2549-2705 (online), ISSN 2549-239X (cetak). Jurnal ini diterbitkan setiap enam bulan sekali.

OPTIMA: Jurnal Olmiah Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial ini berfokus pada kajian agribisnis dari pendekatan makroekonomi yang meliputi aspek sosial dan ekonomi mulai dari pengadaan sarana produksi, usahatani, agroindustri, pemasaran  dan sarana penunjang termasuk sektor kelembagaan agribisnis, serta penyuluhan pertanian, perencanaan pembangunan wilayah pertanian, pemberdayaan masyarakat petani dan kebijakan pembangunan pertanian. Selain itu jurnal ini juga mengkaji bidang ekonomi dan sosial yang berkaitan dengan studi ekonomi dan pembangunan yang meliputi sejarah ekonomi, ekonomi terapan. bisnis dan keuangan, pembangunan daerah, kebijakan publik, industri dan perdagangan, ekonomi lingkungan dan ekologi, manajemen keuangan, pemasaran, kewiraswastaan, manajemen sumber daya manusia.

Scope/Ruang lingkup kajian Jurnal Optima: Agribisnis, Ekonomi dan Sosial mencakup hasil penelitian atau artikel review yang berkaitan dengan agribisnis, ekonomi, dan sosial.

Setiap naskah yang diserahkan akan ditinjau oleh satu peer-reviewer menggunakan metode double blind review. Panduan penulis dapat dilihat template manuskrip dapat diunduh di bagian atas atau samping kiri web. Bagi penulis yang tertarik untuk mengirimkan naskah, silakan mendaftar di register web.


Vol 5, No 1 (2021)

Table of Contents

Articles

Astri Nurani, Sakti Alamsyah, Sulaeman Sulaeman

pages. 1-11

Mega Mariani, Nabilla Haedarroh Shafira, Winda Sri Rahayu

pages. 12-21

Rifqi Pandu Kusuma, Fadilla Rahma Hayati Hayati, Farah Margaretha Leon

pages. 22-30

Restu Ayuning Kusumawardhani, Edi Suswardji Nugroho

pages. 31-36

Nuraini Nuraini, Edi Suswardji Nugroho

pages. 37-44

Sagita Rahayu, Idang Nurodin, Evi Martaseli

pages. 45-49

Rintan Maulida K. Suryana, Eris Darsawati, Gatot Wahyu Nugroho

pages. 50-58