EFEKTIFITAS SALURAN PEMASARAN KENTANG DI DESA SUMBER BRANTAS KEC. BUMIAJI KOTA BATU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kentang dan mengkaji efektivitas masing-masing saluran pemasaran kentang pada beberapa saluran pemasaran di Brantas Kec. Desa Sumber Bumi Aji Batu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat lima saluran pemasaran kentang di desa sumber brantas yang terdiri dari saluran pemasaran I yaitu petani, tengulak dan pengecer; Saluran pemasaran II yaitu petani, pedagang besar dan pengecer; saluran pemasaran III adalah petani, tengkulak, pedagang besar dan pengecer; Saluran pemasaran IV yaitu petani, pengepul, dan pengecer; serta saluran pemasaran V adalah petani, pengepul, pedagang besar dan pengecer. Berdasarkan aspek keberhasilan penggunaan, dari lima saluran pemasaran hanya dua saluran yaitu saluran III dan IV yang dinyatakan efektif dalam hal keberhasilan pencapaian tujuan pemasaran berupa pencapaian target penjualan. Berdasarkan aspek ekonomi, dilihat dari nilai saluran pemasaran TGMM II dengan share value yang lebih tinggi diterima petani yaitu 80,56%, diartikan saluran pemasaran II efektiv dalam pemenuhan nilai bagi petani. Dilihat dari keunggulan pemasarannya, saluran pemasaran III memiliki efektivitas paling baik dalam hal keuntungan pemasaran. Dilihat dari indeks efisiensi pemasaran, semua saluran efektif dalam hal efisiensi pemasaran karena nilai MAY semua saluran > 1.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindita, R. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Surabaya : Papyrus
Astawan, Made. 2009. Panduan Karbohidrat Terlengkap. Jakarta: PT Gramedia.
Badan Litbang Pertanian. 2007. Petunjuk Teknis Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT). Jakarta: Departemen Pertanian
Donni Juni Priansa, dan Agus Garnida. 2013. Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional, Bandung: Alfabeta
Gunarto, A. 2003. Pengaruh Penggunaan Ukuran Bibit terhadap Pertumbuhan, Produksi dan Mutu Umbi Kentang Bibit G4 (Solanum tuberosum). Jurnal Sains. 5:173-179.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks
Kountur, Rony. 2003. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripi dan Tesis. Jakarta: PPM
Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Pitojo. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Puspitawati dan Wardhani. 2016. Analisis Efisiensi Pemasaran Kentang (Solanum Tuberosum L.) Di Kabupaten Magetan. AGRI-TEK: Jurnal Ilmu Pertanian, Kehutanan dan Agroteknologi. Volume 17 Nomor 1. ISSN : 1411-5336
Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid. 1. Edisi 8. Jakarta : Prenhallindo
Rorenkeu. 2005. Pembangunan Pertanian Tahun 2005-2009. New Letter Vol.4 No.7. Rorenkeu Sekretariat Jendral Depertemen Pertanian Jakarta.
Setiadi .1993. Kentang Varietas dan Pembudidayaan. Jakarta : Penerbit Penerbar Swadaya
Singarimbun, M dan Efendi,. 1995. Metode Penelitian Survey. Jakarta : PT. Pustaka LP3ES
Soekartawi., 1993. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Garfindo Persada
Subaidi, Mulijawan dan Khoirunnisa .2019. Analisis Saluran Pemasaran Komoditas Kentang Di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Jurnal Vol 7, No 2
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/pertanian/article/view/1555
Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Surahmad. 1998. Pengantar Penelitian Sosial Dasar Metode Tehnik. Bandung : Penerbit. Tarsito
Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2. Yogyakarta : Liberty
Tawarniate, Susanti dan Sofyan. 2017. Analisis Pemasaran Kentang Di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. JIM Pertanian Unsyiah – AGB. Vol 2. No 1. Hal 31-38
Ulber Silalahi. 2015. Asas-asas Manajemen. Bandung: Refika Aditama
Widiyanto, Ibnu. 2008. Pointers Metodologi Penelitian. Semarang : Penerbit Dikalia
Refbacks
- There are currently no refbacks.