Editorial Policies

Focus and Scope

OPTIMA: Jurnal Ilmiag Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial adalah jurnal berkala enam bulanan yang memuat berbagai artikel/naskah berupa hasil penelitian, studi kasus, hasil pemikiran, maupun karya tulis ilmiah oleh seluruh civitas profesi dibidang agribisnis, ekonomi, dan sosial yang bekerja di institusi pemerintah, lembaga penelitian, LSM, dan asuransi. 

Karya ilmiah berupa artikel agribisnis, ekonomi, dan sosial.

OPTIMA: Jurnal Ilmiah Agribisnis, Ekonomi, dan Sosial merupakan publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh UNITRI PRESS sebagai media komunikasi dan informasi di bidang tersebut.

Scope jurnal yaitu segala bidang yang berkaitan dengan agribisnis, ekonomi dan sosial.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Terbitan OPTIMA bersifat ilmiah (peer-reviewed) yang dikelola melalui beberapa tahapan. Naskah yang disampaikan pertama kali ditinjau oleh editor dan harus bebas dari isi plagiarisme, batas maksimum kesamaan adalah 20% dengan menggunakan plagiarism checker-X. Naskah yang diserahkan akan dievaluasi, apakah itu cocok untuk fokus dan ruang lingkup OPTIMA atau memiliki kelemahan metodologis utama yang tidak dapat ditoleransi.

Setiap naskah yang disampaikan akan ditinjau oleh setidaknya satu peer-reviewer. Reviewer tidak menyadari identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas peninjau (double-blind review method). Proses peninjauan akan mempertimbangkan judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta simpulan. Keputusan yang disarankan akan dievaluasi dalam rapat dewan editorial. Komentar reviewer kemudian dikirim ke penulis yang sesuai untuk tindakan dan tanggapan yang diperlukan dalam 2 minggu. 

 

Publication Frequency

OPTIMA: Julnal Ilmiah Agribis dan Ekonomi published regularly two times a year in:

February
August
Paper submission date: anytime

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration.

 

Penggunaan Referensi Manajer

Setiap artikel yang disubmite ke Optima harus menggunakan style APA

 

Publication Etich

 

plagiarism policy

 

guidelines for submission