PENDAPATAN PELAKU UMKM PENGGUNA PLATFORM MEDIA SOSIAL PASCA PANDEMI COVID-19 : SEBUAH PENDEKATAN NETNOGRAFI

Hendrik Suhendri, Sri Andika Putri

Abstract

UMKM salah satu pengerak ekonomi Indonesia selama pandemi dan pasca pandemic. Peningkatan pendapatan UMKM dapat dilihat dari interaksi pelaku usaha dengan menggunakan platform media yang disediakan untuk melakukan interaksi jual beli seperti sopee, toko pedia, lazada, Instagram, tik tok dan facebook. Metode netnografi dapat dijadikan salah satu metode untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peningkatan pendapatan para pelaku UMKM sebelum dan setelah masa pandemi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pendapatan pelaku UMKM mengalami peningkatan dengan adanya platform media sosial. Hal ini dikarenakan jangkauan pemasaran yang lebih luas.

Keywords

Platform Media Sosial, UMKM, Netnografi

Full Text:

PDF

References

Buku

Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online (First Publ). Sage Publication LTD.

Kozinets, R. V., & Gambetti, R. (2021). Netnography Unlimited: Understanding Technoculture Using Qualitative Social Media Research (First Publ). Taylor & Francis Group.

Jurnal dan lainnya

Adisasmito, W. (2022). Pandemi Belum Berakhir, Tetap Terapkan Upaya Pengendalian. Upk.Kemkes.Go.Id. https://upk.kemkes.go.id/new/pandemi-belum-berakhir-tetap-terapkan-upaya-pengendalian

Ratna. (2022, September 8). UMKM Mulai Merasakan Dampak Kenaikan Harga BBM. RadarLombok.Co.Id. https://radarlombok.co.id/umkm-mulai-merasakan-dampak-kenaikan-harga-bbm.html

Wiseso, R., Puspitasari, I., Pink, B., & Andi, D. (2022, September 5). 5 Dampak dari Kenaikan Harga BBM yang Bakal Dirasakan Langsung Masyarakat. Nasional.Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/5-dampak-dari-kenaikan-harga-bbm-yang-bakal-dirasakan-langsung-masyarakat

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.