PENDAPATAN PELAKU UMKM PENGGUNA PLATFORM MEDIA SOSIAL PASCA PANDEMI COVID-19 : SEBUAH PENDEKATAN NETNOGRAFI
Abstract
UMKM salah satu pengerak ekonomi Indonesia selama pandemi dan pasca pandemic. Peningkatan pendapatan UMKM dapat dilihat dari interaksi pelaku usaha dengan menggunakan platform media yang disediakan untuk melakukan interaksi jual beli seperti sopee, toko pedia, lazada, Instagram, tik tok dan facebook. Metode netnografi dapat dijadikan salah satu metode untuk mengetahui sejauh mana pengaruh peningkatan pendapatan para pelaku UMKM sebelum dan setelah masa pandemi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pendapatan pelaku UMKM mengalami peningkatan dengan adanya platform media sosial. Hal ini dikarenakan jangkauan pemasaran yang lebih luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online (First Publ). Sage Publication LTD.
Kozinets, R. V., & Gambetti, R. (2021). Netnography Unlimited: Understanding Technoculture Using Qualitative Social Media Research (First Publ). Taylor & Francis Group.
Jurnal dan lainnya
Adisasmito, W. (2022). Pandemi Belum Berakhir, Tetap Terapkan Upaya Pengendalian. Upk.Kemkes.Go.Id. https://upk.kemkes.go.id/new/pandemi-belum-berakhir-tetap-terapkan-upaya-pengendalian
Ratna. (2022, September 8). UMKM Mulai Merasakan Dampak Kenaikan Harga BBM. RadarLombok.Co.Id. https://radarlombok.co.id/umkm-mulai-merasakan-dampak-kenaikan-harga-bbm.html
Wiseso, R., Puspitasari, I., Pink, B., & Andi, D. (2022, September 5). 5 Dampak dari Kenaikan Harga BBM yang Bakal Dirasakan Langsung Masyarakat. Nasional.Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/5-dampak-dari-kenaikan-harga-bbm-yang-bakal-dirasakan-langsung-masyarakat
Refbacks
- There are currently no refbacks.