Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

Naskah artikel yang ditulis untuk REFERENSI : JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN AKUNTANSI meliputi hasil telaah dan hasil penelitian di Ilmu Manajemen dan Akuntansi (diutamakan hasil  penelitian), naskah berupa hasil penelitian asli (karya sendiri), belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan bebas dari plagiarisme. Naskah yang telah dikirimkan menjadi milik redaksi dan tidak boleh diterbitkan kembali dalam bentuk apapun.

 

Ketentuan Umum Naskah

  1. Ukuran Kertas A4
  2. Naskah diketik dengan margin 2,45 untuk atas, bawah, kiri dan kanan dan spasi 1,5; dengan font Times New Roman, tanpa indentasi dan menggunakan spasi antar paragraf, panjang naskah maksimal 15 halaman.
  3. Nomor halaman pertama ditulis di sudut kanan atas, kemudian di sudut kiri (angka ganjil) dan sudut kanan (angka genap).
  4. Gambar dan tabel tidak dikelompokkan secara terpisah tetapi terintegrasi dengan naskah, diberi nomor, judul, dan sumber. Tabel diketik satu spasi, tanpa menggunakan garis vertikal (garis kolom). Jumlah tabel dan gambar maksimal 6 (enam), dengan ketentuan keseluruhan 6 tabel saja, atau hanya 6 gambar, atau gabungan 3 tabel dan 3 gambar.
  5. Sub topik tidak diberi nomor, dicetak tebal, Judul Kasus, 1 spasi

 

Guidelines for Paper (Pedoman Naskah)

  1. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia (dengan abstrak Inggris dan Indonesia), kemudian disubmit online ke: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/refrensi/index, jika anda mengalami kesulitan silahkan menghubungi kami di [email protected] atau 085247803690
  2. Naskah diketik dengan format esai dalam 2 kolom, menggunakan huruf Times New Roman, ukuran 12 poin, dengan spasi 1,15 pada kertas A4 maksimal 15 halaman, rata kiri-kanan. Dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Judul: ditulis dengan huruf kapital (UPPERCASE), ukuran 14 point, rata tengah  dan maksimal 20 kata.
    2. Nama penulis naskah artikel: dicantumkan tanpa gelar akademik, 12 poin, rata tengah.
    3. Alamat korespondensi: berisi alamat email korespondensi, nama dan alamat afiliasi/ lembaga asal penulis, 11 point, rata tengah.
    4. Abstrak: ditulis dalam Bahasa Inggris dan/ atau Bahasa Indonesia, abstrak ditulis dalam satu paragraf maksimal 250 kata, 11 point, italic. Abstrak berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian.
    5. Kata kunci: berisi kata-kata kunci yang menggambarkan naskah artikel, maksimal 5 kata kunci.
  3. Sistematika penulisan naskah artikel hasil penelitian, disajikan sebagai berikut:
    1. Pendahuluan: berisi latar belakang, hasil kajian pustaka sebagai dasar rumusan masalah, hipotesis dan tujuan penelitian. Bagian ini disajikan tanpa judul bagian dan dipaparkan dalam bentuk paragraf.
    2. Metode: bagian ini berisi tentang rancangan penelitian, subyek penelitian, instrumen, prosedur pengumpulan dan, dan analisis data.
    3. Hasil: berisi temuan penelitian yang didapatkan dari data penelitian dan berkaitan dengan hipotesis.
    4. Pembahasan: berisi diskusi hasil penelitian dan pembandingan dengan teori dan atau penelitian sejenis.
    5. Simpulan: berisi jawaban atas hipotesis, tujuan penelitian, temuan penelitian serta saran terkait ide lebih lanjut dari penelitian. Bagian simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
    6. Daftar rujukan: bagian ini hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka cetak maupun online terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan berupa penelitian-penelitian terbaru dengan rasio 70% dan 30% dari buku referensi, media massa cetak dan online, dokumen resmi, dan sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel dalam jurnal dan atau  majalah ilmiah, minimal 15 daftar rujukan.

Penulisan Daftar Pustaka harus menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di BIP (Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi) adalah sesuai dengan format APA 7th Edition (American Psychological Association). Berikut ini adalah beberapa contoh dari APA reference style. Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan buka link berikut:

http://libguides.library.curtin.edu.au/referencing/apa

 

Contoh:

Hermuningsih, S., & Wardani, K. (2016). Persepsi Mahasiswa terhadap Metode Simulasi Online Trading di Bursa Efek Indonesia di Fakultas Ekonomi Yogyakarta. Jurnal EKOBIS. 17(2), 2016. doi: 10.30659/ekobis.17.2.199 - 207

Nuryana, I. (2016). Analisis Reaksi Pasar Modal terhadap Pengangkatan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia. Jurnal Referensi: Ilmu Manajemen dan Akutansi. UNITRI Press. 4(2), 2016. doi: 0.33366/ref.v4i2.517

 

Untuk ketentuan lebih lengkap klik --> disini

Untik template klik --> disini

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Penulis terlebih dahulu harus register sebagai author/ penulis. Penulis harus mengisi form sedetail mungkin sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Setelah semua terisi. Penulis mengklik tombol "Register" untuk melanjutkan pendaftaran, kemudian penulis akan masuk ke halaman pengiriman untuk memasukan naskah baru ke "New Submission"
  2. Di bagian Start New Submission, klik "Click here:  to go to step one of the five-step filing process
  3. Penulis harus memeriksa daftar pengiriman dan menyetujui pemberitahuan hak cipta dari Referensi.Kemudian, klik "Save and Continue"
  4. Mengunggah naskah dengan klik "Browse" pada item, lalu klik "Upload" Kemudian, klik "Save and Continue”. (Naskah dalam bentuk word
  5. Menyisipkan Metadata Pengiriman: Pada langkah ini, detail metadata penulis harus disertakan termasuk penulis yang sesuai yang ditandai. Kemudian klik "Save and Continue
  6. Menggunggah data tambahan di kolom supplementary yang berupa hasil turnitin naskah dibawah 20%, kemudian klik "Save and Continue", kemudian konfirmasi submisi.
 

Copyright Notice

Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel tersebut akan diklaim oleh Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. Unitri Press, Universitas Tribhuwana Tunggadewi memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diperbolehkan untuk mempublikasikan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Penulis tidak membayar Biaya Pengiriman Artikel.

Article Publication: 365000.00 (IDR)