Editorial Policies

Focus and Scope

Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi adalah jurnal berkala enam bulanan yang memuat berbagai artikel/naskah berupa hasil penelitian, studi kasus, hasil pemikiran, maupun karya tulis ilmiah oleh seluruh civitas Karya ilmiah berupa artikel manajemen, akuntansi dan ekonomi serta perbankan dari dosen, mahasiswa maupun civitias akademika lainnya.

Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi merupakan publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh UNITRI PRESS, sebagai media komunikasi dan informasi di bidang ilmu manajemen , akuntansi, perbankan dan ekonomi

Scope jurnal terdiri dari:

1. Manajemen Produksi: Perencanaan (desain) produksi, pengendalian (berkaitan dengan persediaan) produksi, dan pengawasan produksi (berkaitan dengan mutu/quality control).

2. Manajemen Pemasaran: Penjualan, pembelian, pengangkutan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarisasi dan gading, informasi pasar, riset pasar, segmentasi pasar, dan promosi terpadu.

3. Manajemen Keuangan: Pemanfaatan peluang dalam memperoleh dana intern maupun ekstern, pengalokasian dana untuk menunjang kegiatan perusahaan. penggunaan dana yang dilakukan secara efisien dan efektif. 

4. Manajemen SDM: Pengadaan pegawai, pemilihan tenaga kerja, penyeleksian pegawai untuk menentukan posisi jabatan yang sesuai. pengadaan pelatihan dan pendidikan untuk pegawai, penyediaan fasilitas, kesejahteraan dan gaji yang memuaskan, rotasi jabatan, pemberian motivasi pegawai, serta pemberhentian dan pemberlakuan pesiun pegawai.

5. Manajemen Administrasi: Pengadministrasian seluruh kegiatan, penginventarisasi peralatan kantor, penyediaan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen, pengasrsipan data sehingga mudah untuk diakses oleh yang membutuhkan.

6. Akuntansi: Akuntansi keuangan, akuntansi pemeriksaan, akuntansi manajemen, akuntansi biaya, akuntansi perpajakan, peranggaran, akuntansi pemerintahan, sistem akuntansi, akuntansi pendidikan, akuntansi international, dan akuntansi sosial.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Ilmu Manajemen

Editors
  • Tismen Pradana
Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah yang disampaikan pertama kali ditinjau oleh editor dan harus bebas dari isi plagiarisme, batas maksimum kesamaan adalah 20% dengan menggunakan plagiarism checker X. Naskah yang diserahkan akan dievaluasi, apakah itu cocok untuk fokus dan ruang lingkup kami atau memiliki kelemahan metodologis utama yang tidak dapat ditoleransi.

Setiap makalah yang disampaikan akan ditinjau oleh setidaknya satu peer-reviewer. Reviewer tidak menyadari identitas penulis, dan penulis juga tidak mengetahui identitas peninjau (double-blind review method). Proses peninjauan akan mempertimbangkan judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan serta kesimpulan. Keputusan yang disarankan akan dievaluasi dalam rapat dewan editorial. Komentar Reviewer kemudian dikirim ke penulis yang sesuai untuk tindakan dan tanggapan yang diperlukan dalam 2 minggu.

 

Publication Frequency

Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi diterbitkan secara teratur dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke kontennya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Reference Manager Usage

Setiap artikel yang disubmit harus menggunakan style APA.

 

Publication Ethics

Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi adalah jurnal peer-review. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam aksi penerbitan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Editorial, peninjau dan penerbit (UNITRI PRESS). Pernyataan ini didasarkan pada Best Practices Guidance for COPE Journal Editors.

Pedoman Etis untuk Publikasi Jurnal

Publikasi artikel dalam Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi yang diperiksa oleh rekan-rekan adalah blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini adalah refleksi langsung dari kualitas kerja penulis dan institusi yang mendukung mereka. Artikel yang diulas mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Karena itu penting untuk menyepakati standar etika perilaku yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, peninjau, penerbit dan publik.


UNITRI PRESS sebagai penerbit Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi melaksanakan tugas kepercayaannya untuk semua tahap publikasi dengan sangat serius dan kami mengakui tanggung jawab etis dan lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang, atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau berdampak pada keputusan editorial. Selain itu, Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi dan Dewan Editorial akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan / atau penerbit lain di mana ini berguna dan perlu.


Keputusan Publikasi

Editor Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang diserahkan ke jurnal untuk diterbitkan. Validasi karya yang dipertanyakan dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku saat ini sehubungan dengan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat bernegosiasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan ini.

Permainan yang Adil

Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka terlepas dari ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kebangsaan, atau filosofi politik penulis.

Kerahasiaan

Editor dan staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang diserahkan kepada siapa pun selain penulis, pengamat, pengamat potensial yang relevan, penasihat editorial lain, dan penerbit, yang sesuai.

Pengungkapan dan konflik kepentingan

Materi yang tidak diterbitkan yang diungkapkan dalam naskah yang diserahkan tidak boleh digunakan dalam editor penelitian sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Pemirsa

Kontribusi terhadap Keputusan Editorial

Peer reviews help editors in making editorial decisions and through editorial communication with authors can also assist authors in improving papers.

Kecepatan

Setiap pengambil keputusan terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam skrip atau mengetahui bahwa tinjauan cepat mungkin tidak harus memberi tahu editor dan minta diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Naskah yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka mungkin tidak diindikasikan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Tinjauan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis tidak benar. Pengambil keputusan harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau juga harus meminta perhatian editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara teks yang dipertimbangkan dan makalah yang diterbitkan lainnya yang memiliki pengetahuan pribadi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau ide khusus yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak dapat mempertimbangkan manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang timbul dari persaingan, kolaborasi, atau hubungan atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan makalah ini.

Tugas Penulis

Laporan Standar

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat tentang pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif tentang signifikansinya. Data yang mendasarinya harus diwakili secara akurat dalam artikel. Sebuah makalah harus berisi detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mereplikasi karya tersebut. Pernyataan palsu atau sengaja tidak akurat adalah perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses dan Retensi Data

Penulis diwajibkan untuk menyediakan data mentah sehubungan dengan makalah untuk ulasan editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik ke data (secara konsisten), jika memungkinkan, dan harus dalam keadaan apa pun. Bersiaplah untuk menyimpan data untuk keperluan berikutnya setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Penulis harus memastikan bahwa mereka memiliki karya tulis yang benar-benar asli, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain yang telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

Duplikasi, Redundan, atau Publikasi Simultan

Seorang penulis seharusnya tidak secara umum menerbitkan naskah yang pada dasarnya menjelaskan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan skrip yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan adalah perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat pekerjaan yang dilaporkan.

Penanda Artikel

Penulis harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, implementasi, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Siapa pun yang telah memberikan kontribusi signifikan harus didaftarkan sebagai rekan penulis. Di mana ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari suatu proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis yang tepat harus memastikan bahwa semua penulis bersama yang sesuai dan tidak ada penulis pendamping disatukan di atas kertas dan bahwa semua penulis bersama telah meninjau dan menyetujui versi final dari makalah ini dan telah menyetujui pengajuan untuk publikasi.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam teks mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan Fundamental dalam Pekerjaan yang Diterbitkan

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam karyanya yang diterbitkan, adalah tugas penulis untuk segera memberi tahu jurnal atau editor penerbit dan bekerja dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.

 

Plagiarism Policy

Kebijakan Plagiarisme
Plagiarisme Termasuk Tapi Tidak Terbatas untuk:


Mengacu dan/atau mengutip istilah, kata dan/atau kalimat, data dan/atau informasi dari sumber tanpa mengutip sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyebutkan sumbernya secara memadai;
Mengacu dan/atau mengutip istilah, kata, dan/atau kalimat acak, data dan/atau informasi dari sumber tanpa mengutip sumber dalam catatan kutipan dan/atau tanpa menyebutkan sumber secara memadai;
Menggunakan sumber ide, pendapat, pandangan, atau teori tanpa menyatakan sumbernya secara memadai;
Merumuskan kata-kata dan/atau kalimat itu sendiri dari sumber kata dan / atau frasa, ide, pendapat, pandangan, atau teori tanpa secara memadai menyatakan sumbernya;
Menyerahkan makalah ilmiah yang diproduksi dan / atau diterbitkan oleh orang lain sebagai sumber karya ilmiah tanpa mengungkapkannya secara memadai.
Pencegahan

Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi akan memastikan bahwa setiap artikel yang diterbitkan tidak akan melebihi skor kesetaraan 20%. Penyaringan plagiarisme akan dilakukan oleh Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi menggunakan Plagiarism Checker X

Sanksi:

Peringatan;
Surat peringatan;
Pencabutan artikel;
Pencabutan publikasi.

 

Guidelines for Submission

PEDOMAN UNTUK PENGAJUAN ONLINE

 

Penulis terlebih dahulu harus mendaftar sebagai Penulis di sini. Penulis harus memenuhi formulir sedetail mungkin di mana formulir yang ditandai dengan tanda bintang harus dimasukkan. Setelah semua kotak teks formulir diisi, Penulis mengklik tombol "Register" untuk melanjutkan pendaftaran. Oleh karena itu, Penulis dibawa ke halaman pengiriman penulis online di mana Penulis harus mengklik "New Submission". Di bagian Start New Submission, klik "Click here:  to go to step one of the five-step filing process". Berikut adalah lima langkah dalam proses pengiriman online:

 

Langkah 1 - Memulai Penyerahan: Penulis harus memeriksa daftar pengiriman dan menyetujui pemberitahuan hak cipta dari Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi dengan tanda centang pada daftar periksa pemberitahuan hak cipta. Kemudian, klik "Save and Continue"
Langkah 2 - Unggah Kiriman: Untuk mengunggah naskah ke jurnal ini, klik "Browse" pada item Unggah file kiriman dan pilih file dokumen skrip (.doc / .docx) untuk dikirimkan, lalu klik tombol "Upload" hingga file telah diunggah. Jangan mengunggah surat pengantar dan file pelengkap lainnya di sini. Kemudian, klik "Save and Continue"
Langkah 3 - Menyisipkan Metadata Pengiriman: Pada langkah ini, detail metadata penulis harus disertakan termasuk penulis yang sesuai yang ditandai. Setelah itu, judul skrip dan abstrak harus diunggah dengan menyalin teks dan menempelkannya di kotak teks termasuk kata kunci. Lalu klik"Save and Continue"
Langkah 4 - Unggah File Tambahan: Jika Anda memiliki file pelengkap, klik tombol "Browse", pilih file, lalu klik tombol "Upload". Langkah ini opsional, jika Anda tidak memiliki file tambahan, cukup klik "Save and Continue".
Langkah 5 - Konfirmasikan Pengiriman: Penulis harus memeriksa dokumen manuskrip yang diunggah pada langkah ini. Untuk mengirimkan naskah ke Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, klik tombol "Complete Delivery" setelah dokumen yang benar. Setelah pengiriman ini, Penulis mengirimkan naskah akan mendapatkan email konfirmasi tentang pengiriman tersebut. Oleh karena itu, Penulis dapat melacak status pengiriman mereka kapan saja dengan masuk ke antarmuka pengiriman online. Pengiriman pelacakan termasuk status tinjauan skrip dan proses editorial.

 

Jika Anda mengalami kesulitan, silakan hubungi kami melalui [email protected] atau hubungi +6289621424412

 

Digital Archiving

Jurnal ini menggunakan sistem Google Cendekia, Garba Rujukan Digital (Garuda), dan Bielefeld Academics Search Engine (BASE) untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan memungkinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan restorasi.

 

Licence Term

Ini adalah artikel akses terbuka yang didistribusikan di bawah ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/).