USAHA KECIL AGROINDUSTRI JAGUNG KEDELAI DAN UBI KAYU DI KABUPATEN MALANG

Putri Budi Setyowati, Budi Prihatminingtyas

Abstract

Agroindustri pada dasarnya merupakan industri yang menggunakan bahan baku utama dari produk pertanian, perkebunan dan perikanan yang merupakan salah satu bidang yang berpotensi dikembangkan. Penelitian ini memilih pengusaha kecil agroindustri yang memiliki tanaman jagung, kedelai dan ubi kayu, dengan pertimbangan usaha ini banyak ditekuni masyarakat, walaupun kelompok ini mempunyai kekurangan, seperti kekurangan modal, kurang memiliki kemampuan manajemen. Namun terbukti usaha ini mempunyai daya adaptasi yang tinggi. Oleh kerena itu pengusaha kecil agroindustri menarik untuk diteliti. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahui gambaran agroindustri jagung, kedelai dan ubikayu di Kabupaten Malang. 2. Menjelaskan kemampuan pengelolaan agroindustri jagung, kedelai dan ubikayu yang dilakukan pengusaha kecil di Kabupaten Malang. 3. Pengembangan agroindustri jagung, kedelai dan ubi kayu dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Malang, menggunakan pendekatan kualitatif yang tidak melakukan pengujian hipotesis akan tetapi hanya menggambarkan keadaan sesuai dengan fakta yang ditemukan di lokasi penelitian yang meliputi antara lain: (1) pengalaman manajerial, (2) kapabilitas keahlian, (3) kemampuan inovasi, (4) intensitas marketing, Peran pemerintah dan partisipasi aktif dapat menentukan keberhasilan pengusaha agroindustri. Hasil penelitian bermanfaat khususnya bagi usaha kecil agroindustri yang sampai saat ini masih menunggu untuk dapat mengembangkan usahanya.

Keywords

Agroindustri, Jagung, kedelai, ubi kayu

Full Text:

PDF

References

Jumrawati., 2008. Efektifitas Inokulasi Rhizobium sp. Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Kedelai pada Tanah Jenuh Air. LIPI Press. Jakarta.

Lebot, V. 2009. Tropical Root and Tuber Crops: Cassava, Sweet Potato, Yams and Aroids. CABI: Wallingford, UK.

Masri Singarimbun & Sofyan Effendi, 1995, Metode Penelitian Survei, Edisi Revisi, PT. Pustaka LP3ES, Jakarta

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.