KAJIAN PERSEPSI HARGA, KEMASAN, KUALITAS LAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK OLAHAN KHAS BUMIAYU JAWA TENGAH

Sulasih Sulasih

Abstract

Persaingan bisnis memang hal yang wajar di dalam dunia bisnis. Para pelaku bisnis melakukan berbagai cara agar dapat meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk yang mereka tawarkan. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap suatu produk, namun dalam penelitian ini mengkaji persepsi harga, kemasan, kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen produk olahan khas Bumiayu di Jawa Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan pada variabel presepsi harga adalah sebesar 0,207 berarti lebih besar dari probabilitas 0,05 berarti variable presepsi harga tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Variabel kemasan menunjukan bahwa nilai signifikan sebesar 0,200 yang artinya lebih besar dari probabilitas 0,05, berarti variable kemasan tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen. sedangkan variabel kualitas pelayanan menunjukan bahwa nilai signifikan sebesar 0,036 lebih kecil dari probabilitas 0,05 berarti signifikan jadi variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Keywords

Presepsi Harga, Kemasan, Kualitas Pelayanan dan Minat Beli Konsumen.

Full Text:

PDF

References

Akbar, Kurnia. 2013. Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Atau Smartphone Samsung Jenis Android. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang. (Tidak dipublikasikan).

Amanullah, Edwin. 2013. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Wingko Babat “Nn Meniko”. Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang. (Tidak dipublikasikan).

Akrom, M. C. 2013. Pengaruh Kemasan Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru UMKM Sukorejo Kendal. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Semarang. (Tidak dipublikasikan).

Dwisusanti, Ety. 2006. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keputusan Pelanggan Tetap Menginap Di Hotel Garden Palace Surabaya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Vol.6 No.2 76-81

Fadilah, N. U. 2014. Pengaruh Label Peringatan Kesehatan Pada Kemasan Rokok Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim Alfamart Di Desa Tampingan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang. (Tidak dipublikasikan).

Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang : Penerbit UNDIP

Ghozali, Imam. 2006. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang :Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2009. Ekonometrika. Semarang : Penerbit UNDIP

Izzati, C. M. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Baseball Food Court Universitas Negeri Surabaya. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya. (Tidak dipublikasikan).

Kotler, P., & Amstrong. 2001. Manajemen pemasaran. Jakarta : Penerbit PT INDEKS.

Kotler, P., & Amstrong. 2004. Manajemen pemasaran. Jakarta : Penerbit PT INDEKS.

Kotler, P., & Keller. 2008. Manajemen pemasaran. Jakarta : Penerbit PT INDEKS.

Kotler, P., & Keller. 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta : Penerbit PT INDEKS.

Kurniawan, Eri. 2011. Pengaruh Harga, Lebel Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rokok A Mild Disurabaya. Skripsi Universitas Pembangunan Nasional. (Tidak dipublikasikan).

Laksana, Fajar. 2008. Manajemen pemasaran pendekatan praktis. Yogyakarta : Penerbit Graha ilmu.

Lutfhia. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Coffee Shop Kofisyop Tembalang. Skripsi Fakultas Ekonomi UNDIP. Semarang. (Tidak dipublikasikan).

Rokhim, M. A. 2013. Pengaruh Harga, Bauran Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasaraya Sriratu Semarang. Diponegoro Journal Of Social And Politic Hal. 1-9

Satrio, W. P. 2007. Pengaruh Kemasan Produk Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Jajan Khas Kota Gresik. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Malang. (Tidak dipublikasikan).

Setiawan, & Rohmawati. 2012. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada Pt. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius) Vol. 2 No. 3

Suswardji, dkk. 2012. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu (Studi Kasus Pada Dealer Suzuki Sanggar Mas Jaya Karawang). Jurnal Manajemen Vol.10, No.1

Suliyanto. 2011. Ekonometrika terapan teori dan aplikasai dengan SPSS. Yogyakarta : Penerbit Andi offset.

Suliyanto. 2006. Metode riset bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi offset.

Sugiyono. 2003. Metode penelitian Bisnis. Pusat Bahasa Depdiknas

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mix method). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supramono, & Haryanto, J. O. 2005. Desain proposal penelitian studi pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Swasta, B., & Irawan. 2008. Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta : Penerbit Liberty.

Swastha, B., & Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta :BPFE.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008 Strategi pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Widagdo, Herry. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer Pada PT. XYZ Palembang”Forum Bisnis Dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah STIE MPD Vol.1, No.1.

Widoyoko, E. P. 2012. Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.