PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN INDUSTRI MEBEL DI KABUPATEN PASURUAN

Akhmad Nasir

Abstract

Strategi pemasaran yang diharapkan perusahaan adalah bagaimana untuk meningkatkan jumlah penjualan produk sesuai target. Strategi yang dibuat oleh perusahaan diarahkan untuk menghasilkan kinerja, terutama kinerja pemasaran. Pada perusahaan besar inovasi produk sudah menjadi strategi pasar yang berkelanjutan sesuai kebutuhan guna mempertahankan kinerja pemasaran, namun bagaimana bagi perusahaan kecil dan menengah seperti industri mebel yang masih memiliki keterbatasan pemahaman terhadap strategi pemasaran. Bagi perusahaan kecil dan menengah apakah inovasi produk merupakan hal yang penting bagi kelangsungan bisnis secara berkelanjutan. Sampel penelitian ini pada perusahaan mebel di Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 38 responden. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi sederhana. Inovasi pada produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran, untuk itu perusahaan ditekankan untuk menjaga kualitas produk yang sudah dipercaya konsumen.

Keywords

Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References

Ferdinand, A.T., (2000), Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Astrid, Orsini Depary, (2010), “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Untuk Umum (SPBU) Semarang, Tesis, Dipublikasikan, Program Pascarsarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Wahyono. 2002. “Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Industri Mebel di Kabupaten Jepara)”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia Vol. I No. 1 Hal : 23-40.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. Penerbit : Andi Offset. Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, (2010), Principles of Marketing, 13th Edition, Pearson Education, New Jersey.

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindi Persada, Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lare Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi tiga belas. Jilid 1 dan 2. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan, Jakarta: Indeks.

Suendro, Ginanjar. 2010. Analisis pengaruh inovasi produk melalui kinerja pemasaran untuk mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan. Semarang

Mangkunegara. Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.

Hatani, La. 2000. “Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran di Kabupaten Muna”. Jurnal Manajemen Unhalu.

Kusumo, Agung Raharjo Wibowo. 2006. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi inovasi produk untuk meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Program studi magister manajemen. Program pasca sarjana. Universitas Diponegoro. Semarang.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Ghozali, Imam.2009. Aplikasi analisi multivariat dengan program SPSS. BP-Undip.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.