PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN TEKANAN KERJA TERHADAP KINERJA AUDITOR PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK KOTA MALANG

Asadi Asadi

Abstract

Profesi auditor diberi kepercayaan dari klien dan pihak ketiga untuk membuktikan laporan keuangan yang disajikan sesuai dengan keinginan klien yang berdasarkan standar akuntansi keuangan. Kinerja auditor saat ini menjadi sorotan dari berbagai pihak. Terjadinya kasus-kasus yang menimpa auditor menimbulkan keraguan pengguna jasa audit terhadap akuntabilitas auditor. Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kinerja auditor, namun peneliti saat ini menguji kecerdasan emosional dan tekanan kerja guna mengetahui kinerja auditor. Jumlah sampel penelitian ditentukan menggunakan metode acak sederhana artinya 70 orang auditor yang terdaftar memiliki kesempatan menjadi sampel penelitian ini, namun data yang dikembalikan responden yang mencukupi syarat untuk diolah berjumlah 39 kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan pada variabel kecerdasan emosional adalah 0,003. Nilai signifikan lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yang berarti signifikan, variabel tekanan kerja menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,017 lebih kecil dari probabilitas 0,05 berarti signifikan. Kecerdasan emosional dan tekanan kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja auditor

Keywords

Kecerdasan Emosional, Tekanan Kerja dan Kinerja Auditor.

Full Text:

PDF

References

Notoprasetio, Christina Gunaeka. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spritual Auditor terhadap Kinerja Auditor pada kantor Akuntan Publik di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akutansi.

Mulyadi. 2002. Akuntansi Manajemen: Konsep Manfaat dan Rekayasa, BP STIE YKPN, Yogyakarta.

Hanna, Elizabeth dan Firnanti, Friska. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Volume 15 Nomor 1. Juni 2013 Halaman 13-28.

Nugraha, Ida Bagus Satwika Adhi dan Ramantha, I Wayan. Pengaruh Profesionalisme, Etika Profesi dan Pelatihan Auditor terhadap Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di Bali. E-jurnal akuntansi universitas udayana vol.13.3 Desember (2015): 916-943.

Trianingsih, Sri. 2007. Independensi Auditor dan Komitmen Organisasi sebagai Mediasi Pengaruh Pemahaman Good Governance, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Auditor. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi X, 26-28 Juli, Hal 1-56.

Asih, Rike Dewi. 2006. Pengaruh Interaksi Locus of Control Auditor dan Struktur Audit terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi dan Manajemen, September Vol 3, Nomor 2, Halaman 121-143.

Goleman. 2006. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi, Mengapa EI Lebih Penting daripada IQ. Ahli Bahasa: T. Hermaya. Cetakan Keenam Belas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiawan, Yuliana Grece dan Latrini, Made Yenni. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual dan Independensi pada Kinerja Auditor. Vol.16.2. Agustus. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.