KEGIATAN PELABELAN, PENGEMASAN DAN PEMASARAN KERUPUK DAN RENGGINANG PANARUKAN SITUBONDO

Yuslinda Dwi Handini, Suhartono Suhartono, Sri Wahjuni

Abstract

Para penduduk desa adalah masyarakat produktif yang memiliki bisnis UKM produktif
Kerupuk dan rengginang, tapi masih ada masalah mendasar yang berkaitan dengan
pelabelan, pemasaran dan kemasan yang belum efektif dan efisien. Melalui kegiatan
ini, usaha produktif masyarakat telah membantu dalam proses PIRT, tapi label,
kemasan dan pemasaran masih sangat sederhana dan tidak tahan lama. Kegiatan ini
akan dilakukan dengan metode sosialisasi dan pelatihan masyarakat produktif anggota
Posdaya, terutama pada pembuatan label, kemasan dan pemasaran proses yang lebih
efektif dan efisien untuk menghemat biaya produksi karena proses pemasaran, label
dan kemasan yang lebih praktis dan menghemat waktu serta meningkatkan kualitas
dan kuantitas Kerupuk dan Rengginang produksi dengan menerapkan teknologi tepat
guna. Meningkatkan pendapatan masyarakat produktif yang memiliki kerupuk dan
bisnis Rengginang dengan penerapan teknologi yang lebih efektif, lebih mudah, dan
lebih disukai oleh konsumen dalam hal kuantitas dan kualitas. Solusi yang ditawarkan
dalam pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi empat tahap pelaksanaan dan target
adalah masyarakat produktif anggota Gelung Kartika Posdaya dan Siaga Desa Posdaya
dari Galung, Panarukan, Situbondo. Keempat tahapan implementasi adalah:
Pengetahuan tentang proses pemasaran yang efektif dan efisien kepada konsumen,
Teknologi keterampilan transfer untuk label, kemasan atau proses menekan dengan
menggunakan tangan Sealer menekan alat, Pelaksanaan pemasaran konsumen yang
efektif dan efisien, dan menggunakan alat-alat Menekan atau kemasan pada produk
sehingga pemberdayaan masyarakat Gelung Village akan ditingkatkan dengan peran
aktif mereka dalam masyarakat yang Posdaya.

Keywords

pelabelan, kemasan, pemasaran, UKM

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchari, 2002. Manajemen

Pemasaran dan pemasaran Jasa,

Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip dan Susanto. 2001. Dasar-

Dasar Pemasaran. Jilid 2. Jakarta:

Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran:

Analisis, Perencanaan, Implementasi,

dan KontrolEdisi Milenium. Jakarta:

PT. Prenhaindo.

Poerwanto. 2006. New Business

Administration. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Tjiptono, Fandi dan Andriana, D.

Pemasaran Strategik.

Yogyakarta: Andi Offset.

Wijayanti, Titik. 2012. Marketing Plan!

Perlukah? Jakarta: PT. Elex Media

Komputindo

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.