ANALISIS PENGELOLAAN PIUTANG USAHA PADA PT. XYZ BANDUNG

Sri Yuliati, Farid Hirji Badruzzaman

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya risiko keterlambatan pembayaran piutang usaha yang melebihi batas waktu ketentuan umur piutang pada PT. XYZ Bandung yang disebabkan karena adanya pembayaran yang dilakukan secara termin. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengelolaan piutang dan pengendalian internal. Teknik yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui informasi secara langsung/wawancara dan observasi. Teori yang mendukung tahapan manajemen dalam siklus piutang dan pengendalian komponen internal berbasis COSO menjadi dasar penelitian ini. Dari hasil penelitian diketahui bahwa PT. XYZ Bandung telah berhasil menerapkan pengendalian internal dan prosedur pengelolaan piutang, tetapi masih terdapat kendala dalam penyiapan dokumen, pencatatan akuntansi secara manual, dan birokrasi perusahaan pelanggan. Dalam hal pengendalian internal, dapat terlihat pada persentase jumlah piutang tak tertagih selama periode 2018-2021 yang semakin mengecil yaitu tahun 2018 sebesar 3,9 %, tahun 2019 sebesar 2,5%, tahun 2020 1,7%, dan tahun 2021 sebesar 1,5%. Hal ini terjadi karena PT. XYZ Bandung melakukan addendum kebijakan pada sistem pembayaran termin yang semula tiga termin menjadi empat termin. Dengan demikian perusahaan lebih diuntungkan karena dana yang diinvestasikan dalam piutang lebih kecil dan umur piutang lebih pendek.

Kata Kunci : Piutang Usaha; Pengelolaan Piutang; Pengendalian Internal; Pembayaran Termin; Teori COSO

Keywords

Piutang Usaha, Pengelolaan Piutang, Pengendalian Internal, Pembayaran Termin, Teori COSO

Full Text:

PDF

References

Buku

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik Edisi 2. Jakarta: PT. Erlangga.

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Waren, Carl S,dkk. 2017. Pengantar Akuntansi 1-Adaptasi Indonesia Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal dan lainnya

Habibie, Nabila. 2013. Analisis Pengendalian Intern Piutang Usaha pada PT. Adira Finance Cabang Manado. Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA Vol.1 No.3

Khairudin, dkk, 2022. Analisis Strategi Pengelolaan Piutang dalam Meminimalisir Piutang Macet Pada PT. PLN ( PERSERO) UP3 Tanjung Karang. Universitas Bandar Lampung. Derivatif: Jurnal Manajemen. Vol, 16 No.2, hlm. 249.

Maujung Tjodi, Andi, dkk. 2017. Analisis Sistem Pengendalian Internal Piutang Usaha pada PT. Bank Sulutgo KCP Ranotana. Universitas Samratulangi Manado. Jurnal EMBA Vo. 5 No.2, hlm 857-866.

Sukrianto & Fibriyanti S. Lakoro. 2022. Manajemen Pengelolaan Piutang pada PT. Federal Internasional Finance (FIF) Di Kabupaten Boalemo. Universitas Bina Mandiri Gorontalo. Jurnal Revenue Jurnal Akuntansi Vol.3 No.1, hlm 152.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.