FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

Hendrik Suhendri, Willy Tri Hardianto, Adrian Junaidar Handayanto, Petronela Daido Tena

Abstract

Tujuan: Deretan kasus penyalahgunaan, penyelewengan, maupun penyimpangan pengelolaan keuangan desa yang sampai saat ini terjadi, merupakan suatu fenomena yang memprihatinkan dan merupakan indikator pula akan lemahnya akuntabilitas publik. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Mengingat sifatnya tersebut, penelitian ini masuk ke dalam ranah paradigma positivisme. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi dan penyerahan kuesioner secara langsung kepada responden, Analisis data: jenis analisisdata yang digunakan adalah regresi berganda, Hasil dan diskusi: hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan bahwa peran perangkat desa berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Hal ini ditunjukkan dengan signifikasi kurang dari 0,05, yakni 0,020. Sementara itu variabel aksebilitas laporan keuangan juga berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Ini terbukti dengan nilai signifikansinya di bawah 0,05, yakni 0,004. Tidak hanya itu, variabel pemahaman system akuntansi keuangan desa juga berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa (nilai signifikansi 0,000). Sementara itu hasil uji simultan juga menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa (nilai signifikansi 0,000), Kesimpulan: Mengingat hasil r square yang menunjukkan nilai 0,781, ini bisa diartikan bahwa dimungkinkan ada variabel lain di luar model persamaan regresi berganda tersebut (nilai 0,219), yang akan mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Dengan demikian, untuk penelitian selanjutnya bisa digunakan variabel independent lainnya untuk diuji pengaruhnya terhadap variabel akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

Keywords

Peran Perangkat Desa, Aksebilitas Laporan Keuangan, Pemahaman System Akuntansi Keuangan Desa, Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa

Full Text:

PDF

References

Jurnal dan lainnya

Andriani, U., & Zulaika, T. (2019). Peran Perangkat Desa dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akademi Akuntansi, 2(2), 119–144.

Auliyah, I. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI. Bongaya Journal for Research in Accounting, 06(23), 41–53.

Ilhami, M., & Widhiastuti, R. (2022). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Sistem Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi, dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Akuntabilitas Laporan Dana Desa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 10(2), 185–198.

Rangkuti, L. E., & Novasari, D. (2019). Peran Perangkat Desa dalam Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa. Wahana Inovasi, 8(2), 184–187.

Sinamo, E. F., Yusra, M., Hilmi, & Naz’aina. (2022). Pengaruh Aksesibilitas Laporan Keuangan , Kompetensi Aparatur Desa , Dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Akuntabilitas Pemerintah Dalam Mengelola Dana Desa. JAM: Jurnal Akuntansi Malikussaleh, 1(1), 237–252.

Sintya Ningsih, L. P. P. (2021). Pengaruh Sistem Akuntansi Keuangan Desa, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengawasan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa Se-Kecamatan Ubud). Hita Akuntansi Dan Keuangan, 183–198.

Widyatama, A., Novita, L., & Diarespati. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Akuntabilitas Pemerintah Desa dalam Mengelola Alokasi Dana Desa (ADD). Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 2(2), 1–20.

Dokumen Resmi lainnya

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Dalam Negeri No 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Negeri, M. D. (2014). Peraturan Menteri Dalam Negeri Repulik Indonesia tentang Pedoman Pembangunan Desa. Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.