PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, AUDIT INTERNAL, DAN PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN

Ahmad Mukoffi, Luh Dina Ekasari, Florenstina Nggungu

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui bagaimana pengaruh budaya organisasi, audit internal, dan pengendalian internal pada upaya BKAD PEMKOT Batu dalam mencegah terjadinya kecurangan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi yang bersifat kuantitatif. Dalam reset ini yang menjadi sampel yaitu pegawai di BKAD BATU. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Jadi jumlah sampel dam penelitian ini adalah 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.. Temuan penelitian menunjukkan bahwa audit internal, pengendalian internal, dan budaya organisasi secara signifikan berdampak pada pencegahan penipuan. Beberapa rekomendasi dibuat, antara lain perlunya menilai unsur-unsur lain untuk menghindari terjadinya kecurangan, seperti moral pejabat, kejujuran pejabat, dedikasi organisasi, dan kemampuan sumber daya manusia.

Keywords

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui bagaimana pengaruh budaya organisasi, audit internal, dan pengendalian internal pada upaya BKAD PEMKOT Batu dalam mencegah terjadinya kecurangan. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi yang bersifat k

Full Text:

PDF

References

Buku

Agoes, S. (2018). Audititng: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik (Buku 1 Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat

Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasley, M. S. (2017). Auditing and Assurance Services. Essex: Pearson Education Limited.

Ghozali, Imam. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hery. (2010). Potret Profesi Audit Internal(Di Perusahaan Swasta& BUMN). Bandung: Alfabeta.

Hery. (2017). Auditing dan Asurans. Jakarta: Grasindo.

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sutrisno,Edy. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Theodorus Tuanakotta. (2010). Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Edisi II Jakarta: Salemba Empat.

Tunggal. Amin Widjaja. (2013) Pengendalian Internal: Mencegah dan Mendeteksi Kecurangan. Jakarta: Harvarindo.

Jurnal dan lainnya

Agustiani, Ni Kadek Siska, Edy Sujana, dan Made Arie Wahyuni(2016), “Pengaruh Whistleblowing System dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Pencegahan Fraud Pada Pengelolaan Keuangan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Buleleng) e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 6(3): 26-35

Dwika Maliawan, I. B., E. s., & Diatmika, I. G. (2017). Pengaruh Audit Internal Dan Efektivitas Pengendalian Interen Terhadap Pencegahan Kecuranagan(Fraud)(Studi Empiris pada Bank Mandiri Kantor Cabang Area Denpasar). e-Journal S1 AK Universitas Pendidikan Ganesa, 8(1): 1-10.

Ekasari, L. D., Mukoffi, A., Tato, F., & Nifanngeljau, J. (2021). Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Guna Mencegah Kecurangan Akuntansi (Accounting Fraud ). Jurnal Akuntansi Trisakti, 8(1), 51–60.

Mutmainnah, D. M. (2019). Analisis Pengaruh Komitmen Organisasi, Budaya Organisasi dan Keefektifan Sistem Pengendalian Internal terhadap Pencegahan Fraud Pengadaan Barang (Studi Pada PT. Marinal Indoprima). Jurnal Akuntansi Bisnis, 4(2), 83–95.

Priantara,D.(2013). Fraud Auditing & Investigation.Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sesari, V. S., Mukoffi, A., Sularsih, H., & Wardhani, F. A. K. (2021). Budaya Organisasi, Komitmen Profesional, Dan Etika Auditor Terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Mutiara Akuntansi, 6(2), 201–214.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.