EFEKTIVITAS CHATBOT SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI E-BISNIS PRODUK SKINCARE DENGAN SISTEM CRM PADA MARKETPLACE SHOPEE

Lintang Aprilia Putri, Arinda Pramudia Wardani, Wildatun Firdausiyah, Dyah Anggraeni, Citra Nurhayati

Abstract

Penelitian ini untuk mengkaji seberapa efektif Chatbot sebagai media komunikasi antara penjual dan pembeli produk skincare di marketplace Shopee. Chatbot adalah bentuk pelayanan pelanggan berupa auto reply chat. Chatbot merupakan salah satu strategi bisnis berupa CRM ( Customer Relationship Management ) yang digunakan sebagai customer service . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuisioner kepada pelanggan sebanyak 32 orang. Teknik pengolahan data menggunakan program komputer SPSS 26 berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana, uji parsial (uji t), uji koefisien determinasi, dan uji simultan (uji F).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan layanan chatbot produk perawatan kulit di marketplace shopee memiliki pengaruh yang signifikan dalam menjamin kepuasan pelanggan. Untuk itu, bisnis atau penjual harus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan agar tetap puas dan menumbuhkan loyalitas

Keywords

Marketplace, Chatbot, CRM, layanan pelanggan

Full Text:

PDF

References

Jurnal dan lainnya

Dhiyaa Imtiyaaz Febrina, I. R. 2020. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Warunk Upnormal. E-Proceeding of Management : Vol.7, No.2 Agustus 2020, 7(2), 2273. https://doi.org/10.35393/1730-006-002-014.

Dhiyaa Imtiyaaz Febrina, I. R. 2020. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Warunk Upnormal. E-Proceeding of Management : Vol.7, No.2 Agustus 2020, 7(2), 2273. https://doi.org/10.35393/1730-006-002-014

Fauziah, F. 2020. Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.792

Giswi Karomah, N., Estiana, R., Rosita, R., & Susanti, A. D. 2022. Pengaruh Citra Merk, Motivasi Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Milenial Pada Marketplace (studi kasus generasi milenial dalam berbelanja online di market place: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2).

Gofur, A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.240

James A. O’Brien, G. M. M. (2010). Introduction to Information Systems.

Jamiluddin, J., Khairul, M. A., Putri, D. 2022. Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Chatbot Articial Intellince (AI) Pada Siswa SMP Negeri 9 Palu. Jurnal ADAM: 1(2), 288–297.

Japlani, A., Fitriani, F., & Mudawamah, S. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Cabang Bmt Fajar Metro Pusat. Fidusia : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 67–85.

https://doi.org/10.24127/jf.v3i1.469

Juhria, A., Meinitasari, N., Iqbal Fauzi, F., Yusuf, A., & Ekonomi Bisnis Universitas Singaperbangsa, F. 2021. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Aplikassi E-Commerce Shopee. Jurnalmanajemen, 13(1), 55–62.

Nugroho, A., Adi, D. P., & Gumelar, A. B. 2020. Chatbot Untuk Customer Service Berbasis Teks dan Suara pada Sistem Manajemen Pemesanan (OMS) Menggunakan Platform Android. Jurnal Repositor, 2(6), 683.

https://doi.org/10.22219/repositor.v2i6.939

Ramadhani Pratiwi, A., & Arwin Dermawan, D. 2021. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan ShopeePay pada Aplikasi Shopee di Kota Surabaya). Jeisbi, 02(03), 87–93.

https://www.bareksa.com

Reza Nurul Ichsan, Ahmad Karim. 2021. Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729

Saripudin, A., Oktriawan, W., & Kurniasih, N. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Saung Manglid. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(01), 48–57.

https://doi.org/10.52593/mtq.02.1.03

Siswanto, H., Adhilla, F., & Purwoko, P. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pasar Bisnis (Studi pada CV Kreasindo Mitra Pratama). Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(2), 92. https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i2.1189

Sophia, P. 2022. Ingin Pelanggan Loyal? Optimalikan Penggunaan CRM. Kompas.Com. https://umkm.kompas.com/read/2022/09/02/095025283/ingin-pelanggan-loyal-optimalikan-penggunaan-crm?page=all

Sunarsi, D. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Dept Store Cabang Bsd Tangerang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 7–13.

https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.473.

Supertini, N. P. S., Telagawati, N. L. W. S., & Yulianthini, N. N. 2020. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 61.

https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201.

Wibowo, S. F., Raidah, R. A., & Rahmi. 2019. Analisis Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Service Value terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 148–166.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.