PENGARUH DISKON BELANJA DAN KEAMANAN DALAM MENGGUNAKAN SHOPEEPAY SEBAGAI SISTEM PEMBAYARAN TERHADAP PERILAKU KONSUMSI DI KALANGAN MAHASISWA UNITRI

Sri Andika Putri, Kria Agusnia

Abstract

Pembayaran produk dan layanan kini dapat dilakukan menggunakan e-wallet, salah satunya ShopeePay di aplikasi Shopee yang memberikan keamanan dalam berhemat dan berbelanja. Hal ini dimungkinkan di era digital yang berkembang pesat. Hal ini, khususnya di kalangan pelajar, dapat berdampak pada kebiasaan konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keamanan sistem pembayaran ShopeePay dan diskon belanja berdampak pada perilaku konsumsi mahasiswa Unitri. Dalam penelitian ini, analisis regresi linier berganda dikombinasikan dengan purposeful sampling. SPSS Versi 25 digunakan saat memproses data. Hasilnya menunjukkan bahwa diskon belanja berdampak kecil pada konsumsi siswa. Statistik thitung = -1,121 ttabel 1,675 yang memiliki nilai signifikansi 0,232 > 0,05 membuat H1 tidak valid. Hipotesis 2 didukung karena hubungan antara keamanan (X2) dan perilaku konsumsi (Y) pada mahasiswa Unitri adalah positif dan hanya signifikan secara marjinal, dan karena nilai thitung = 4,124 > ttabe1 1,675 memiliki nilai signifikan 0,000 (p 0,05). Hasil uji f menunjukkan bahwa fhitung (9,039) > ftabel (3,180) memiliki nilai signifikansi 0,000, mendukung hipotesis (H3) menunjukkan bahwa perilaku konsumsi (Y) antar unit mahasiswa dipengaruhi secara positif dan signifikan secara simultan oleh variabel X1 dan X2, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

Keywords

Diskon Belanja, Keamanan, dan Perilaku Konsumsi

Full Text:

PDF

References

Jurnal dan lainnya

Hanum, Zubaidah, & S.H. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi, 6(1), Pp. 37–43.

Joan, L., & T.S. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen Vol. 8 (2), 27-39.

Mjahidin, A., & R.P.F. (2020). Pengaruh Fintech E-wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Millennial. Jurnal Inovasi Binsi. Jurnal Inovasi Bisnis Vol. 8 (3), 143-150.

Prasetya, H. & S.E.P. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat Dan Risiko Pada Minat Penggunaan E-Money Di Surabaya. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, Vol.17(2), Pp. 151–158.

Rohman, Y., & N.T. (2021). Pengaruh Sisten Pembayaran E-Money Dalam Era Digital Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Pajak Vol 22 (1), 3-11.

Saputri, C. N., & R.R, A. (2022). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumefn dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet ShopeePay. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 5 (1), 153-163.

Sari, Laila.R. Reni.A., Mella S.K., dan Lana S. (2022). Dampak Keamanan, Manfaat, Kepercayaan, Promosi, serta Kemudahan pada Keputusan Pemanfaatan Dompet Elektronik ShopeePay. Jurnal Akuntansi. Vol. 6 (1). Pp. 59-69.

Sari, R. F., P.S, E., & S, A. (2022). Pengaruh Potongan Harga dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Menggunakan Dompet Digital ShopeePay. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 9(2), 480-485.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item Supplementary files - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.