PERSEPSI PELAKU USAHA DALAM MENGEMBANGKAN USAHA DENGAN MENGGUNAKAN PENERAPAN AKUNTANSI PADA UMKM

Sri Indah, Yayuk Sulistyowati, Adriana Yulita Enge Ate

Abstract

Penerapan akuntansi pada pelaku UMKM sangat penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan usaha. Persepsi pelaku terhadap penerapan ini juga penting karena berkaitand dengan keseriusan pelaku UMKM untuk melaksanakan sistem tersebut. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaan penelitian tentang persepsi pelaku UMKM ini adalah kualitatif  dengan wawancara sebagai data utama. Berdasarkan pelaksanaan penelitian maka persepsi pelaku UMKM terhadap penerapan akuntansi sangat positif. Banyak UMKM yang menjadi UMKM binaan koperasi menjadikan sistem akuntansi sebagai alat evaluasi untuk pengambilan kebijakan kedepan dan sebagai alat untuk mengukur kemajuan usaha.

Keywords

Persepsi, Penerapan Akuntansi, UMKM

Full Text:

PDF

References

Jurnal dan lainnya

Adawiyah, W. R. (2014). Faktor Penghambat Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM): Studi di Kabupaten Banyumas. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 2(2), 165-175.

Saidani, B., Arifin, S. (2012). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia,3(1):1-22.

Sulistyowati, Y. (2017).Pencatatan Pelaporan Keuangan Umkm (Study Kasus Di Kota Malang). Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 49-54.

Suhendri H, Triyuwono I, Mulawarman AD, Baridwan Z. 2017.International Journal of Economics and Financial Issues Awareness and Perceptions of Islamic Micro-entrepreneurs on Mudharabah Finance and Justice for Financing Access in Malang Territory Indonesia. Int J Econ Financ Issues. 2017;7(5):252-258.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.