STRATEGI PEMASARAN EVENT ORGANIZER DALAM KETERBATASAN EVENT PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Maulibian Perdana Putra, Stephanny Lianardo, Chrysanta Christine Hutajulu, Raina Rizkina

Abstract

Bisnis event sebagai sebuah bisnis yang produknya merupakan sebuah jasa, yaitu menyelenggarakan sebuah acara event dengan tujuan perayaan, edukasi, pemasaran maupun untuk tujuan reuni. Pandemi Covid-19 mengubah dunia bisnis secara masif, industri bisnis event menjadi salah satu industri yang terdampak dengan adanya pandemi. Event yang biasanya diselenggarakan dengan mengumpulkan khalayak umum dalam suatu tempat menjadi terhambat atau bahkan menjadi tidak terselenggara, jika pun terselenggara harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan pengetatan pembatasan kerumunan khalayak. Dengan adanya pembatasan dan pengetatan tersebut maka fungsi dari strategi pemasaran sebuah bisnis event menjadi penting dalam keberlangsungan bisnis. Maka dari itu penerapan strategi pemasaran pada industri bisnis event mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan adanya pandemi. Perubahan utama adalah prioritas dari klien dan audience yang mementingkan faktor keamanan dan kesehatan dan terbukanya kesempatan untuk menyelenggarakan event secara virtual dengan lebih luas. Selain itu elemen-elemen dalam lima bauran strategi pemasaran suatu event (5Ps of event marketing) yakni product (produk), place (tempat), price (harga), public relations (humas), dan positioning (penempatan), juga mengalami perubahan dan penyesuaian terhadap pandemi Covid-19.

Keywords

Pandemi Covid-19, Event Organizer, Strategi Pemasaran Event, Lima Bauran Pemasaran Event

Full Text:

PDF

References

Buku

Allen, J., O’Toole, W., Harris, R., & McDonnell, I. (2012). Festival and Special Event Management (5th ed.). Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Goldblatt, J. (2014). Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration (7th ed.). Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Habir, M. T., & Wardana, W. (2020). COVID-19’s Impact on Indonesia’s Economy and Financial Markets. Singapore: ISEAS Yusof Ishak Institute.

Hollensen, S. (2017). Global Marketing (7th ed.). UK: Pearson Education Limited.

Hoyle, L. H. (2002). Event Marketing: How to Successfully Promote Events, Festivals, Conventions, and Expositions. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Matketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Natorodjo, S. (2011). Event Organizing: Dasar-Dasar Event Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Samudra, R. R., & Setyonaluri, D. (2020). Inequitable Impact of COVID-19 in Indonesia: Evidence and Policy Response. UNESCO.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.