ANALISIS PENGARUH EDUKASI PASAR MODAL DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PADA GENERASI MILLENIAL DI PROVINSI BALI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MAHENDRADATTA)

Ni Made Yusmini, Ni Putu Yuli Tresna Dewi, Ni Gusti Ayu Putu Rahmadewi

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan memahami Pengaruh Edukasi Modal dan Media Sosial terhadap Keputusan Investasi pada Generasi Millenial di Universitas Mahendradatta. Penelitian ini berjenis kuantitatif yang mempergunakan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan yakni pengambilan sampel bertujuan. Teknik penganalisisan data yang diterapkan yakni analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian ini menyebutkan edukasi pasar modal dan media sosial mempunyai pengaruh secara simultan terhadap keputusan investasi mahasiswa generasi millennial di Universitas Mahendradatta. Jadi bisa diartikan bahwa jika nilai variabel X (pengaruh edukasi modal dan media sosial) meningkat, maka nilai Y (keputusan investasi) juga akan meningkat. Dengan kata lain apabila ada peningkatan pada edukasi pasar modal dan pengaruh media sosial, maka ada peningkatan juga pada keputusan mahasiswa untuk berinvestasi. 

Keywords

Media Sosial, Keputusan Investasi, Edukasi Pasar Modal

Full Text:

PDF

References

Buku

Kurniawan, Albert. 2014. Teori, Konsep & Praktik Penelitian Bisnis Dalam Metode Riset untuk Ekonomi & Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Erwan Agus, dan Dyah Ratih Silistyastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Untuk Administrasi Publik dan Masalah - Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Jurnal dan lainnya

Merawati, L.K., dan I.P.M.J.S. Putra. 2015. “Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 10 (2): 105-118.

Sari, Oktiana Nur. 2018. “Pengaruh Pengetahuan, Keuntungan, Risiko dan Modal Minimal Terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah” Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Situmorang, Masri , Andreas, dan Riska Natariasari. 2014. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat.” OMFEKON 10(2): 1-18.

Dokumen Resmi

Bursa Efek Indonesia “Perubahan Satuan Perdagangan dan Fraksi Harga.” Surat Keputusan Direksi PT. Bursa Efek Indonesia

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.