ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN STRATEGI KEUANGAN UMKM UD BERKAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA BATU

Yayuk Sulistyowati, Sukarno Himawan, Peningsi Ngara

Abstract

Sebagai sebuah perspektif, Monetary Execution berharap mendapatkan gambaran yang jelas tentang keadaan data keuangan dan bisnis. Pentingnya menyusun strategi keuangan sebagai bentuk pengambilan keputusan untuk memastikan keberlangsungan bisnis dalam menghadapi pandemi Covid-19. Strategi keuangan dan kinerja UMKM UD Berkah di Kota Batu pada masa pandemi Covid-19 menjadi fokus kajian ini. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan yaitu data sekunder berupa laporan keuangan UMKM  UD Berkah Kota Batu tahun 2020-2021 dan data primer berupa hasil wawancara dengan pemilik UMKM. Analisa data yaitu cara deskripsi mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa kinerja keuangan pada UMKM UD Berkah Kota Batu dinyatakan cukup sehat atau memiliki keuntungan yang tinggi setiap tahunnya. Strategi yang diterapkan UMKM UD Berkah Kota Batupada masa pandemi Covid-19 yaitu mengurangi kegiatan produksi, melakukan kerjasama dengan kemitraan dan menerima pesanan secara online dari pelanggan di seluruh Indonesia, melakukan pemotongan gaji karyawan saat adanya peraturan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dari pemerintah dan membuat laporan keuangan sebagai landasan informasi pendapatan usaha. Kinerja keuangan pada UMKM UD Berkah Kota Batupada masa pandemi Covid-19 dinyatakan cukup sehat atau memiliki keuntungan yang tinggi setiap tahunnya, hal tersebut.

 

 

Keywords

Kinerja Keuangan; Strategi Keuangan; Pandemi, Covid-19, UMKM

Full Text:

PDF

References

Buku

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.

Jurnal dan lainnya

Baker, T., & Judge, K. (2020). How to Help Small Businesses Survive COVID-19. Columbia Law and Economics Working Paper (620). http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3571460

Dede, Ali, Nusraningrum, dan Mukti A. (2021). Faktor Konsumen Dalam Memilih Tempat Belanja Di Era 4.0. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam. 6(1): 37-44.

Hadiwardoyo. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Journal of Business and Entrepreneurship. 2(2): 83-92.

Susilawati. (2020). Evaluasi Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Di Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Karawang. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Vokasional. 2(6): 91-108.

Handayani (2020). Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, Dan Isu Terkini. Avicenna : Journal Of Health Research. 6(2): 101-110.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.