MODEL REPURCHASE INTENTION PADA GENERASI MILENIAL

Moehadi Moehadi, Imda Safitri

Abstract

Pentingnya repurchase intention dalam bidang ilmu pemasaran menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan, hasil akhir dari sebuah produksi barang dan jasa salah satu diantaranya adalah minat pembelian ulang. Kondisi tersebut menjadikan perusahaan untuk melakukan starategi-strategi persaingan usaha yang harus dilakukan, Kebutuhan manusia akan suatu produk menjadi salah satu studi yang harus dipelajari dalam dunia bisnis karena berhubungan dengan permintaan dan penawaran terhadap konsumen dan persaingan pada struktur pasar tertentu. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli ulang generasi muda. Metode penelitian ini adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan jumlah 100 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang, promosi dan kepercayaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli ulang sedangkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan negatif terhadap minat beli ulang.

Keywords

Citra Merek, Promosi, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Minat Beli Ulang

Full Text:

PDF

References

Buku

Kotler, Phillip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Peter, Paul J. and Olson, C. Jerry. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Mcgraw-Hill/Irwin Series in Marketing, 9th Edition

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Schiffman, L.G. and Kanuk, L.L. 2004. Consumer Behaviour, 7th ed. New Jersey: PrenticeHall.

Jurnal dan lainnya

Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada KFC di Kota Bengkulu. Manajemen Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 95-107.

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh citra merek melalui sikap konsumen terhadap niat beli ulang pada produk busana muslim Zoya di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 2(7), 553-569.

Artiningtyas, I., Minarsih, M. M., & Hasiholan, L. B. (2015). Pengaruh kualitas layanan, persepsi harga dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan (Studi kasus pada toko Vulkanisir Ban Top Cool Semarang). Journal of Management, 1(1).

Cahyono, E. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian HP Merek Oppo di Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 5(1), 61-75.

Efendi, M. Y. (2016). Pengaruh Persepsi Orang Tua Murid Tentang Fasilitas, Biaya, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Jasa Pendidikan Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 09 Lamongan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Evelina, N., Waloejo, H. D., & Listyorini, S. (2013). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). jurnal ilmu administrasi bisnis, 1(1), 203-213.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(1), 149-162.

Faizin, I. (2017). Strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan nilai jual madrasah. Madaniyah, 7(2), 261-283.

Faroh, W. N. (2017). Analisa pengaruh harga, promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2).

Fatmawati, N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1-20.

Lestari, S. P. (2016). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Majalah Ilmiah Inspiratif, 2(2).

Martini, L. K. B., & Dewi, L. K. C. (2021). Pengaruh Media Promosi Tik Tok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding, 38-54.

Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus pada alfamart di Kota Medan). In Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia (Vol. 1, No. 1, pp. 83-88).

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).

Prakoso, A. A. (2017). Analisis pengaruh kepercayaan, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya pada loyalitas (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Prawira, B., & Yasa, N. N. K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(12), 253856.

Setiawan, D., & Setiawan, R. I. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Servis (Studi Kasus AHASS Kenari Motor). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 3(1), 93-107.

Setiawan, E. H. (2017). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan Dan Risiko Kinerja Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Tokopedia. com di Kabupaten Lumajang).

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4).

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Sondakh, M., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telkomsel pada Mahasiswa di Desa Raanan Baru. Productivity, 3(5), 408-413.

Wijaya, F. (2017). Pengaruh Cira Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.