IMPLEMENTASI MARKETING MIX 7P PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

Hartiningsih Astuti, Santi Wijaya, Mei Agustina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai implementasi marketing mix 7P pada skala usaha dengan fokus rumah makan dan produksi makanan ringan. Jenis dan pendekatan penelitian ini dilakukan melalui analisis kualitatif deskriptif dengan mencari informasi secara empiris dan mendalam pada objek yang diteliti dengan salah satu teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi marketing mix 7P berdasarkan aspek Product (produk), Price (harga), Place (Lokasi/Tempat), Promotion (promosi), People (orang/sumber daya manusia), Physical Evidence (bukti fisik), Process (proses) sudah dapat dilaksanakan dengan baik, sedangkan faktor penghambat yang terjadi adalah sumber daya manusia yang belum memebuhi keandalan dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi. Selain itu, ada faktor modal yang menjadi kendala untuk melakukan pengembangan usaha.

Keywords

Bauran Pemasaran 7P, Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Full Text:

PDF

References

Buku

Kotler & Armstrong. (2008). Prinsip- Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta. Erlangga

Kotler (2010). Mangement Pemasaran (terjemahan). Jakarta: Salemba Empat.

Jurnal dan lainnya

Andrianingsih, V. (2020). Kualitas Produk Dan Pelayanan Restoran Cepat Saji Dalam Menghadapi Pesaing di Kabupaten Sumenep (Studi Pada Toby’s Fried Chicken). Journal MISSY (Management and Business Strategy), 1(2), 25-30.

https://ejournalwiraraja.com/index.php/MISSY/article/view/1342

Andriyanto, L., Syamsiar, S., & Widowati, I. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix 7-p) Terhadap Keputusan Pembelian Di Thiwul Ayu Mbok Sum. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(1), 26-38.

http://www.jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jdse/article/view/3248

Febrianti, N., Dwipa, Y. S., & Arumsari, D. N. (2022). Pendampingan Re-Branding Rumah Batik Jawa Timur Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Pemasaran. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-7.

https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/85

Kristiyanti, M. (2012). Peran strategis usaha kecil menengah (UKM) dalam pembangunan nasional. Majalah Ilmiah Informatika, 3(1), 63-89.

Latif, N., Handayani, C. M. S., & Purnaningrum, E. (2020). Pelatihan Aspek Marketing Mix Pada Pelaku Usaha Bonggolan Di Desa Pengulu Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 26-31.

Maisah, M., Mahdayeni, M., Maryam, M., & Alhaddad, M. R. (2020). Penerapan 7p sebagai strategi pemasaran pendidikan tinggi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(4), 325-333.

Nuvitasari, A., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM sebagai dasar penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341-347.

Poeloe, R., Sepang, J. L., & Samadi, R. L. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mobil pada PT. Astra international Tbk, Daihatsu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(4).

Purba, D. S., Kurniullah, A. Z., Banjarnahor, A. R., Revida, E., Purba, S., Purba, P. B & Simarmata, J. (2021). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis.

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40-52.

Rosita, R. D., Budiarto, B., & Kismantoroadji, T. (2020). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Mataram. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(1), 15-25.

Ruliah, R., & Susanto, D. (2015). Penerapan metode marketing mix 7p untuk perumusan strategi pemasaran jasa. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 9(2).

Wahyudi, A. E. T., Rifa'i, M., & Susanti, R. A. D. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Kasus Pada Bakso Bakar Abah Boed Surabaya) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Zulkarnaen, H. O., & Sutopo, S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.