PENERAPAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI UPAYA DALAM PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PADA USAHA ES ABADI SORONG

Juliyawita Dwi Iswara, Dewi Hestiani, Winda Atikah Fanani, Dian Hakip Nurdiansyah

Abstract

Mengingat anggaran biaya produksi yang dialokasikan masih menjadi masalah dalam suatu proyek atau pengembangan usaha dan anggaran tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan suatu usaha, maka tujuan penulisan ini adalah untuk menentukan dan menganalisis anggaran biaya produksi yang telah disusun. untuk mengetahui apakah sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain itu, tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui anggaran biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan ES Abadi Sorong dan untuk mengkaji bagaimana anggaran biaya produksi tersebut diterapkan sebagai alat pengendalian dan perencanaan pada ES Abadi Kota Sorong. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan membandingkan anggaran dasar dengan realisasi biaya produksi. Dimana data yang dikumpulkan didasarkan pada data yang diolah dari penelitian sebelumnya dengan responden yang terkait dengan penelitian dan perbandingan dengan teori dan aturan yang relevan. Berdasarkan analisis, produk anggaran biaya usaha ES Abadi di Kota Sorong disusun dengan menggunakan anggaran dasar berdasarkan tingkat kegiatan 287.000.000, namun realisasinya sebesar 266.000.000. Hal ini dinilai cukup menguntungkan karena hasilnya sesuai dengan tujuan dan tidak sangat signifikan sehingga melebihi anggaran. Studi menunjukkan bahwa perbedaan antara apa yang direncanakan dan apa yang sebenarnya terjadi cukup besar bagi perusahaan. untuk digunakan dalam penilaian perencanaan dan pengendalian. Namun hal tersebut belumlah cukup karena masih ada biaya-biaya lain yang belum diperhitungkan. Karena masih perlu memperhatikan beberapa hal lainnya, maka dapat dikatakan belum sepenuhnya relevan dengan perhitungannya.

Keywords

Anggaran, Biaya, Perencanaan, Pengendalian, Usaha

Full Text:

PDF

References

Jurnal dan lainnya

Fatmawati, Rinda., dkk. (2014). Perencanaan dan Pengendalian Biaya Produksi Sebagai Suatu Usaha Untuk Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi (Studi pada PT. Pabrik Gula Krebet, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 6(1): 1 – 8.

Irsutami., Wulan, P. Debby. (2014). Penyusunan Anggaran Discretionary Expenses pada PT Anshun Joyful T & T. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis. 2(2): 208 – 217.

Jatmiko, Budi. (2020). Strategi Distribusi Produk Teh Botol Sosro Oleh PT. Sinar Sosro Cabang Kendari. Jurnal Komastie. 1(1): 15 – 27.

Kartika, Erawati. (2018). Analisis Perilaku Biaya Dalam Membuat Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus Pada PT. Putra Sejati. Maksimum Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang (jurnal.unimus.ac.id). 1(1): 24-39.

Lumowa, Sintia F., Pusung, Rudy J. (2015). Analisis Perilaku Biaya dalam Membuat Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus Pada PT. Putra Karangetang. Jurnal EMBA. 3(1): 849-856.

Musdalifah., dkk. (2014). Penerapan Metode Variabel Costing dalam Penentuan Harga Jual Pada PT. Cahaya Murni Raya Industri. Jurnal EMBA. 2(3): 96-102.

Sinarasri, Andwiani. (2010). Peran Penggunaan Anggaran Dalam Perusahaan Yang Mengalami Perubahan Strategis. MAKSIMUM. 1(1): 01-26.

Susanto, Anindyo A. (2016). Varian Anggaran Dan Peran Akuntansi Pertanggungjawaban Pada Penganggaran Pemerintah Daerah: Bukti Efek Ratchet Pada Anggaran Pemerintah Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 1(2): 187-205.

Tendean, Fandy. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Fungsi Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi. Jurnal EMBA. 1(3): 474-483.

Umarella, Barus. (2019). Analisis Anggaran Sebagai Upaya Dalam Perencanaan dan Pengendalian Biaya Proyek Pada PT X di Kota Ambon. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora. 1(2): 70 – 75.

Wijayanti, Menik. (2016). Analisis Pelaksanaan Anggaran Fleksibel Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada Es Abadi Sorong. Artikel. Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Keuangan Publik. 1(1): 01-07.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item Supplementary files - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.