PENGARUH CONTENT MARKETING DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA METEOR CELL MALANG

Nur Ida Iriani, Totok Sasongko, Novianti Dewi Murti

Abstract

As a business goes on, especially with the ease of marketing in today's digital era, new competitors will definitely emerge. Therefore Meteor Cell Malang must have the best way to promote its business. The purpose of this study is to determine the influence of Content Marketing and Personal Selling (independent variable) on Purchase Decision (dependent variable) and Purchase Intention (intervening variable). This research is a type of descriptive research quantitative approach using the path analysis method. The sampling technique uses purposive sampling and data collection uses a questionnaire with a sample of 100 respondents. The results of this study show that content marketing has a significant effect on purchase intention and purchase decision. Personal selling has a significant effect on purchase intention and purchase decision. Purchase intention has a significant effect on purchase decision. Through the sobel test purchase intention significantly mediates the influence of content marketing on purchase decision and significantly mediates the influence of personal selling on purchase decision. So the use of content marketing and personal selling should be maintained and improved so that consumers' purchase intention and purchase decision can increase at Meteor Cell Malang.


Seiring berjalannya sebuah bisnis terlebih dengan kemudahan pemasaran di era digital saat ini pasti akan bermunculan para pesaing baru. Maka dari itu Meteor Cell Malang harus memiliki cara terbaik untuk mempromosikan bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Content Marketing dan Personal Selling (variabel independen) terhadap Keputusan Pembelian (variabel dependen) dan Minat Beli (variabel intervening). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode path analysis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Personal selling berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan minat beli. Minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Melalui uji sobel minat beli signifikan memediasi pengaruh content marketing dan signifikan memediasi pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian. Maka penggunaan content marketing dan personal selling sebaiknya tetap dipertahankan dan ditingkatkan supaya minat beli konsumen dan keputusan pembelian dapat meningkat pada Meteor Cell Malang.

Keywords

content marketing, personal selling, purchase intention, purchase decision

Full Text:

PDF

References

Abdurrahim, & Sangen, M. (2019). Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion, Personal Selling, dan Advertising terhadap Minat Beli Konsumen pada Hotel Biuti di Banjarmasin. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 42–47. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk

Adnan, J., & Kiswanto. (2017). Determinant of Auditor Ability to Detect Fraud with Professional Sceptisism as A Mediator Variable. Accounting Analysis Journal, 6(3), 313–325.

Agustim, W. (2018). Segmentation, Targeting and Posititioning Analysis By Broadcasting Program Radio Mitra 97,0 FM Batu City. Jurnal Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 1(3), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33366/ref.v3i1.330

Bakti, U., Hairudin, & Setiawan, R. (2021). Pengaruh Harga, Personal Selling, Kualitas Produk Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Motor Pada Dealer PT. Yamaha Putera Langkapura. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i1.343

Ferdinand, A. (2014). Meteode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Frost, R. D., & Strauss, J. (2016). E-marketing (7th Editio). Routledge.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. UNDIP.

Iriani, N. I. (2011). Pengaruh Dimensi Brand Equity (Ekuitas Merek) Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Telepon Selular Telkomsel Di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(2), 485. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/241

Isnaini, T., & Yusnidar, C. (2020). The Effect of Personal Selling and Skills on Consumer Interest in Nuriza Mart in Meureudu District , Pidie Jaya Regency. BIRCI-Journal, 7174–7183.

Kemp, S. (2022). DIGITAL 2022: INDONESIA. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Kotler, P. (2019). Marketing 4.0. Gramedia.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th editi). Pearson Education,Inc.

Limandono, J. A., & Dharmayanti, D. (2017). Pengaruh Content Marketing dan Event Marketing terhadap Customer Engagement dengan Sosial Media Marketing Sebagai Variabel Moderasi di Pakuwon City. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(1).

Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Kuliner di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056

Naszariah, R., Naseri, N., Mohd Esa, M., Abas, N., Zamratul, N., Ahmad, A., Azis, R. A., & Norazmi Bin Nordin, M. (2021). An Overview Of Online Purchase Intention Of Halal Cosmetic Product: A Perspective From Malaysia. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(10), 7674–7681.

Pažėraitė, A., & Repovienė, R. (2016). Content Marketing Elements and Their Influence on Search Advertisement Effectiveness: Theoretical Background and Practical Insights. Management of Organizations: Systematic Research.

Rahman, T. (2019). Pengaruh Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Caffe Go-Kopi Di Kota Malang).

Rizqi, R. M. (2021). Dampak Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Sumbawa Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Sumbawa Apsara Beton. Journal of Accounting, Finance, and Auditing, 3(1), 66.

Rohaeni, H. (2016). Peranan Promosi Melalui Personal Selling Terhadap Volume Penjualan. Ecodemica, IV(2), 223–231. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/802

Sudarsono. (2020). Pengaruh Big Data, Content Marketing, Artificial Neural Networks Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Secara Online di Indonesia. 1(1), 286–299.

Sugiyono. (2018). Metode Penleitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, R. (2018). Personal Selling Sebagai ”Ujung Tombak” Penjualan Produk Asuransi. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(1), 23. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i1.173

Veybitha, Y., Alfansi, L., Salim, M., & Darta, E. (2021). Critical Review: Factors Affecting Online Purchase Intention Generation Z. Journal of International Conference Proceedings, 4(1), 354–363. https://doi.org/10.32535/jicp.v4i1.1162

Weerasinghe, K. D. R. (2018). Impact of Content Marketing Towards The Customer Online Engagement. International Journal of Research in Business , Economics and Management, 2(3), 217–224.

Zebua, I. S. U., & Syahriza, R. (2022). Pengaruh Personal Selling Terhadap Minat Beli Calon Nasabah Produk Asuransi Jiwa Syariah (Studi Kasus Pada PT. Sunlifer Financial Cabang Medan). Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(2), 155–160.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.