Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang

Zulaili Zulaili, Porkas Sojuangon Lubis, Siti Ummi Arfah

Abstract

Di dalam Penelitian ini mengkaji tentang dampak akibat adanya wabah virus covid-19 terhadap pendapatan bisnis UMKM di Desa Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk  mengetahui dampak yang ditimbulkan akibat adanya pandemi covid-19 terhadap keadaan ekonomi di masyarakat terutama pada usaha kecil dan menengah ( UMKM ) di Desa Batang Kuis.. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara   kepada beberapa pedagang yang berjualan di sekitar  Desa  Batang Kuis,  seperti  pedagang  sayur,  pedagang  buah,  pedagang  bahan  pokok  dan lainnya yang berjumlah 20 responden. Pendekatan peneletian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  dampak  yang  ditimbulkan  dari adanya pandemi covid-19 ini adalah tingkat daya beli masyarakat menurun dan keadaan pasar menjadi sepi.

Keywords

covid-19, UMKM, pedagang

Full Text:

PDF

References

Jurnal dan lainnya

Hadiwardoyo, Wibowo. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. BASKARA: Journal of Business & Entrepreneurship, 2(2), 83-92.

Hanoatubun, S. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Perekonomian Indonesia. EduPhyCouns: Journal of Education, Physchology and Counseling, 2(1), 146-153.

Harirah, Z., & Rizaldi, A. (2020). Merespon Nalar Kebijakan Negara dalam Menangani Pandemi Covid 19 di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik Indonesia, 7(1).

Purbawati, C., Hidayah, L.N., dan Markhamah. 2020. Dampak Sosial Distancing terhadap Kesejahteraan Pedagang di Pasar Tradisional Kartasura pada Era Pandemi Corona. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik, dan Humaniora, 4(2), 156-164.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227- 238.

Nismawati, N., & Nugroho, C. (2020). Perekonomian Masyarakat Kelurahan Tounsaru Pasca Merebaknya Wabah Covid-19. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 1(1), 54-61.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.