ANALISIS PERILAKU KONSUMEN PADA MASA PANDEMI COVID 19

Retno Ayu Novitawati, Nur Ida Iriani, Rizki Apriani Dwi Susanti, Evi Nur Ainun

Abstract

This research is motivated by changes in consumer behavior during the pandemic at Cafe Take Nuda the changes that occur make a person's initial habits change, because they are accustomed to living behavior during a pandemic that requires people to apply health in the slightest thing, changes that are often made every day. people vary depending on the person's daily life which more often applies what kind of health pattern to prevent himself from being exposed to Covid-19. The focus of this research is to find out the problem of consumer behavior at Cafe Take Nuda during the pandemic, whether there is a difference between before the pandemic and during the pandemic. This type of research is qualitative research, research that produces descriptive data in the form of written and spoken words from people and observable behavior. This study uses a technique (snowball sampling), because the researchers took samples from the population by means of interviews. This study aims to determine the consumer behavior of Cafe Take Nuda during the pandemic. Based on the results of consumer research showing the rational behavior changes that researc hers got when going directly to the Cafe Take Nuda location, namely: customers who are consumers of Cafe Take Nuda are always recommended to use hand sanitizer, always use a mask, keep their distance and occupy a table that should fit 4 people. Only 2 people, for customers with more than 2 people, a bigger seat is provided in implementing social distancing, so that changes in consumer behavior are clearly different during a pandemic.

Penelitian ini di latar belakangi oleh perubahan perilaku konsumen selama masa pandemi di Cafe Take Nuda perubahan-perubahan yang terjadi membuat kebiasaan awal seseorang menjadi berubah, karena terbiasa dengan perilaku hidup dimasa pandemi yang mengharuskan orang untuk menerapkan kesehatan dalam hal sekecil apa pun, perubahan yang sering dilakukan setiap orang berbeda-beda tergantung dari keseharian orang tersebut lebih sering menerapkan pola kesehatan seperti apa untuk mencegah dirinya terkena Covid-19. Fokus dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui permasalahan perilaku konsumen di Cafe Take Nuda pada masa pandemi, apakah memiliki perbedaan antara sebelum pandemi dan di saat pandemi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian yang menghasilkan data-data yang deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan teknik (snowball sampling), karena peneliti mengambil subyek sampel dari populasi dengan cara wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen Cafe Take Nuda dimasa pandemi. Berdasarkan hasil penelitian konsumen menunjukkan perilaku rasional perubahan yang peneliti dapatkan saat terjun langsung ke lokasi Cafe Take Nuda yaitu: pelanggan yang menjadi konsumen Cafe Take Nuda selalu dianjurkan menggunakan  hand  sanitizer,  selalu menggunakan masker,  menjaga jarak dan menduduki meja yang harusnya muat 4 orang digunakan Cuma 2 orang saja, untuk pelanggan yang lebih dari 2 orang disediakan tempat duduk yang lebih besar   dalam   menerapkan   social   distancing,   sehingga   perubahan   perilaku konsumen jelas berbeda saat adanya pandemi.

Keywords

Marketing Mix, Consumer Satisfaction, UKM

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Cholilawati & Suliyanthini, Dewi (2021), Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi Covid-19. Equilibrum: Jurnal pendidikan, Vol. 9 No. 2, Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Engel, dkk. 2013. Consumer Behavivor. Pennsylvania State University.

Heriyanto, S., & Kusumawati, R. R. (2021). Vol . 17 No . 2 Agustus 2021 ISSN : 1693-9549 Pengaruh Pandemi Covid 19 Terhadap Pendapatan Pengusaha Kepiting Rajungan ( Studi Pada Pengusaha Kepiting Rajungan Di Desa Susukan Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang ) Vol . 17 No . 2 Agustus 2021 Pendapatan. 17(2), 11–20.

https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-indonesia-pada-masa-pandemi-covid-19-potret-dan-strategi-pemulihan-2020-2021 (diakses, 11/11/2021).

https://www.kominfo.go.id/content/detail/26442/ketika-semua-harus-memulai-fase-new-normal/0/artikel. (diakses, 11/11/2021).

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/26/210324270/daftar-negara-dan-kota-yang-lockdown-akibat-covid-19-varian-delta?page=all. (diakses, 11/11/2021).

Kurniasih, E. P. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Prosiding Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 277–289.

Mahbubah, Istiyanatul & Putri, Sofie Yunida (2021), Dampak Perubahan Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Pada Peningkatan Penjualan Bisnis E-Commerce Di Kabupaten Sumenep. BAJ : Behavioral Accounting Journal, Vol. 4, No. 1, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur.

Setiadi, (2008).konsep dan proses keperawatan keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tanzeh, Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.

Rohmah, A. 2020. Pandemi Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Konsumen Di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1, No.7.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.