PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Nur Ida Iriani, Anung Prasetyo Nugroho, Maria Yosifa Tia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan keuangan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada BUMDes Sumber Sejahtera Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif, data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data, triangulasi pengamat, triangulasi teori dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan pengelolaan keuangan BUMDes Sumber Sejahtera meliputi beberapa tahap, perencanaan dilakukan tiap devisi dan tidak dibuat secara tersetuktur, pencatatan dilakukan dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran dari setiap unit bumdes, pelaporan dilakukan setiap unit membuat laporan pendapatan dan pengeluaran, dan diserahkan ke bendahara BUMDes untuk direkap dan dibuat dalam laporan keuangan dan penanggungjawaban dilakukan setiap tahun ada, untuk di laporkan kepada pemerintah desa supaya bisa melihat kinerja BUMDes dan juga disampaikan kepada masyarakat dalam musyawarah desa. Pengelolaan keuangan di BUMDes Sumber Sejahtera dikatakan masih fleksibel. Untuk kesejahteraan masyarakat adanya konstribusi dari BUMDes dengan adanya unit-unit usaha BUMDes dan banyak masyarakat yang memanfaatkan keberadaan BUMDes.

Keywords

Pengelolaan Keuangan, Kesejahteraan Masyarakat, BUMDes

Full Text:

PDF

References

Adisasmita, Rahardjo. 2013. Pembangunan Pedesaan, Pendekatan Partisipatif, Tipologi, Strategi Konsep Desa Pusat Pertumbuhan. Yogyakarta: Graha Ilmu..

Gianandjar, Kartasasmita. 1997. Kemiskinan. Jakarta: Balai Pustaka.

Ibrahim. 2018. Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Di Kawasan Tambang. Yogyakarta: Leutikprio.

Kc Dewi, Ps Kurniawan. 2019. Akuntabilitas Laporan Keuangan Badan Usaha Mlik Desa. Jurnal Ecopreneur Fakultas Ekonomi. Vol 1, No. 2, ISSN: 2614-39 68.

Kurniawan, Boni. 2015. Desa Mandiri, Desa Membangun, Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republic Indonesia. Jakarta

Moleong, Lexy. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.