ANALISIS FAKTOR CUSTOMER RELATIONSHIP, LAYANAN MOBILE BANKING, DAN SERVICE PERFORMANCE BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH

Muchammad Yoga Pratama, Wahyu Dwi Warsitasari

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji faktor relationship marketing bank syariah terhadap minat masyarakat menjadi nasabah, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis deskriptif, Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung, jumlah sampel yang digunakan yaitu 400 responden. Penelitian dilaksanakan selama periode Januari 2022-Maret 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama melalui uji  F Simultan pengaruh Customer Relationship, Layanan Mobile Banking, dan Service Performance terhadap minat masyarakat memilih Bank Syariah. Kedua, uji T Parsial yang dilaksanakan menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh Customer Relationship terhadap minat masyarakat memilih Bank Syariah, 2) Ada pengaruh Layanan Mobile Banking terhadap minat masyarakat memilih Bank Syariah, 3) Ada pengaruh Service Performance terhadap minat masyarakat memilih Bank Syariah. Minat masyarakat dalam memilih atau menggunakan produk bank syariah dipengaruhi oleh Relationship Marketing diklasifikasikan menjadi bagian dari Relationship Marketing, yaitu Customer Relationship, Layanan Mobile Banking, dan Service Performance yang masing-masing menjadi variabel bebeas dalam penelitian ini.

Keywords

Customer Relationship, Mobile Banking Services, Service Performance, Interests

Full Text:

PDF

References

Agdhanni, Faisal Prima dan Nuruni Ika Kusuma Wardhani. (2022). Tingkat Kepuasan Nasabah Penggunaan Mobile Banking Pada Pt Bank Mandiri. Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9 (1): 188–94.

Arwani, Agus. (2016). Akuntansi Perbankan Syariah: dari Teori ke Praktik (Adopsi IFRS). Yogyakarta: Deepublish.

Bakti, Umar, Hairudin dan Maria Septijantini Alie. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi 22 (1): 101–18.

CA, Yoyo Sudaryo, Aditya Yudanegara dan STIE INABA. (2021). Investasi Bank dan Lembaga Keuangan. Yogyakarta: Andi.

Damayanti, Lina. (2019). Pengaruh Service Performance Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bni Syariah Cabang Malang.” Jurnal Manajemen Jayanegara 11 (2).

Farahdiba, Dea. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 8 (1): 22–38.

Fatoni, Imam, dan Nyoman Sockarini. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM), Customer Value Serta Kepercayaan Terhadap Loyalitas Kepuasan Nasabah. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting 2 (2): 281–91.

Haryanti, Nik, dan Diyanus Abdul Baqi. (2019). Strategi Service Quality Sebagai Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Journal of Sharia Economics 1(2): 101–28.

Jazuli, Muhammad, Didi Samanhudi, dan Handoyo Handoyo. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Di Pt. Xyz. JUMINTEN 1 (1): 67–75.

Lisapaly, David C. E. (2021). Relationship Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bank. Bandung: Media Sains Indonesia.

Maulana, Rizky Khaisar, dan Mukhlis Yunus. (2018). “Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dan Kepercayaan Nasabah Tabungan Bank Bri Syariah Di Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 3 (1): 36–45.

Muktar, Bustari. (2016). Bank dan lembaga Keuangan Lain. Surabaya: Prenada Media.

Pradata, Kefas Caesar, dan Siti Puryandani. (2022). Pengaruh Relationship Marketing Dan Service Performance Erhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Nasabah Tabungan Bank Jateng Cabang Purbalingga). Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 10 (1): 91–106.

Pranoto, Margaretha Oktavia, dan R. Gunawan Setianegara. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran).” KEUNIS 8 (1): 1–9.

Rangkuti, Freddy. (2013). Customer Service Satiscaction & Call Centre Berdasarkan ISO 9001. Gramedia Pustaka Utama.

Ritonga, Nasrun, dan Riny Viri Insy Sinaga. (2021). Peran Perbankan Syariah Terhadap UMKM Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia KC Medan).” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam 6 (2): 238–48.

Shiratina, Aldina, Deru R. Indika, Imas Komariyah, Dewi Kania, dan Eka Hendriani Solihin. (2020). Pemasaran Online Melalui Penerapan Iklan Secara Digital. Jurnal Sain Manajemen 2 (1): 15–23.

Siadari, Kaledin, dan Anas Lutfi. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Penggunaan BNI Mobile Banking (Studi Kasus BNI Kantor Cabang Harmoni). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan 5 (2): 155–60.

Syafi’i, Ahmad, Tri Marfiyanto, dan Siti Kholidatur Rodiyah. (2018). “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2 (2): 115–23.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.